Pola Pengasuhan Pada Anak Berperilaku Menyimpang (Studi Pada Keluarga Petani di Desa Ole Ate, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Pengasuhan Pada Anak Berperilaku Menyimpang (Studi Pada Keluarga Petani di Desa Ole Ate, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya)

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pola asuh anak yang diterapkan orang tua petani?; (2) apa dampak dari pola asuh anak yang diterapkan orang tua petani terhadap perilaku anak? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh anak yang diterapkan orang tua petani; (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak dari pola asuh anak yang diterapkan orang tua petani terhadap perilaku anak. Penelitian ini menggunakan teori peran dan teori tindakan sosial (Max Weber). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 (sebelas) orang, yang terdiri dari 5 (lima) orang tua yang latar belakang bermata pencaharian sebagai petani, 5 (lima) orang anak berumur 8, 10 dan 11 tahun yang melakukan perilaku menyimpang, dan tokoh pemerintah (Bendahara Desa) dan teknik penarikan informan dilakukan secara purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa orang tua di Desa Ole Ate, menerapkan dua bentuk pola asuh, yakni pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Dampak dari pola asuh yang diterapkan tersebut adalah pada anak yang diasuh dengan pola asuh demokratis, terlihat lebih membuka diri untuk berinteraksi dengan orang disekitarnya. Sedangkan pada anak yang bertumbuh dengan pola asuh permisif, cenderung tidak percaya diri. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan orang tua di Desa Ole Ate yang bekerja sebagai petani, diharapkan untuk dapat menyediakan waktu luang bersama dengan anak. Bagi anak diharapkan untuk tetap mendengar arahan dari orang tua agar tidak lagi melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma dan nilai yang ada di masyarakat. Kepada pemerintah Desa Ole Ate diharapkan untuk sebisa mungkin memiliki program seminar yang berkelanjutan, yang didalamnya membahas tentang bagaimana pentingnya pendidikan anak dalam keluarga.
Kata Kunci: Anak, orang tua, dan pola asuh


Detail Information

Item Type
Penulis
Febrian Harsen Riwu Wadu - Personal Name
Student ID
1603030003
Dosen Pembimbing
Susana C.L. Pellu, S.Sos, M.Si - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hj. Dra. Balkis Soraya Tanof, M.Hum - - Ketua Penguji
Susana C.L. Pellu, S.Sos, M.Si - 197110222005012001 - Penguji 1
Drs. Syamsuriadi, M.Si - 19571211 198901 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Wad P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA