PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 4 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI LAYANAN JARINGAN KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 4 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Pre Experiment One Group Pre test Post test Design.Penelitian ini memiliki satu kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 4 Kupang. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dengan analisis uji independent sampel t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD berpengaruh dilihat dari nilai rerata antara keaktifan siswa sebelum dan sesudah di berikan perlakuan sebesar -3,2166 nilai tersebut merupakan selisih antara skor rata-rata keaktifan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan output SPSS pada table Paired Samples Test Pada Tabel 4.8. dengan pengujian pada taraf signifikan <0,05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukan pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variable. Dan nilai signifikan >0,05 menunjukan tidak terdapat signifikan antara variable awal dengan variable akhir. Ini menunjukan tidak terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang di berikan pada masing-masing variable. Dengan demikian maka hasil pengujian di atas menunjukan nilai signifikansi 0.000 <0,05 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara variable awal dan variable akhir. Ini menunjukan pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang di berikan pada masing-masing variabel.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
EMANUEL ARYANDI NAHAK - Personal Name
Student ID
16011300622
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
FRANSISKUS F GOE RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
RENOLD H. MODOK - 9908419491 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
832.01 Nah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA