Skripsi
Strategi Guru Membangun Kebiasaan Siswa Menghargai Perbedaan Dalam Multikultural Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas X Sma N 1 Rote Barat Daya
XMLMasalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk strategi Guru membangun kebiasaan Siswa menghargai perbedaan multikultural dalam pembelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 1 Rote Barat Daya, Bagaimana bentuk Toleransi atas perbedaan dalam multikultural di kelas X SMA Negeri 1 Rote Barat Daya, Faktor apa saja yang mempengaruhi Guru membangun kebiasaan siswa menghargai perbedaan dalam multikultural di SMA N 1 Rote Barat Daya. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi Guru membangun kebiasaan menghargai perbedaan multikultural dikelas X SMA Negeri 1 Rote Barat Daya, Mendeskripsikan bentuk-bentuk Toleransi atas perbedaan multikultural di kelas X SMA Negeri 1 Rote Barat Daya, Mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Guru dalam
membangun kebiasaan menghargai perbedaan multikultural di SMA N 1 Rote Barat Daya
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis maupun lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekundernyang telah diperolehdilapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru yang ada Di SMA N I Rote Barat Daya dan Siswa Siswi Kelas X SMA N 1 Rote Barat Daya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru membangun kebiasaan menghargai perbedaan dalam multikultural adalah guru membentuk sikap toleransi pada siswa,guru melakukan pendekatan terhadap siswa,guru membimbing/mendidik siswa, bentuk toleransi atas perbedaan multikultural dalam pembelajaran PPKn adalah saling menghormati dan tidak membeda-bedakan agama,latar belakangdan warna kulit,dan faktor yang mempengaruhi guru membangun kebiasan siswa menghargai perbedaan ada dua yaitu faktor pendukung yaitu peran guru yang sangat dibutuhkan, karena guru yang langsung berinteraksi dengan siswa dan faktor penghambatnya yaitu faktor lingkungan dan indifidu/diri sendiri
Kata kunci: strategi, Guru, Menghargai perbedaan dalam multikultural
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Melania Rani Rondo - Personal Name
|
Student ID |
1801070009
|
Dosen Pembimbing |
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1 MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 ndo S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |