Penggunaan Media Video Interaktif Untuk Meningkatkan Daya Tarik Pembelajaran Ppkn Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Kristen Rehobot Oebelo Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Video Interaktif Untuk Meningkatkan Daya Tarik Pembelajaran Ppkn Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Kristen Rehobot Oebelo Kabupaten Kupang

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana adalah (1) Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif pada Pembelajaran PPKn?.(2) Apakah Media Pembelajaran Video Interaktif valid digunakan pada Pembelajaran PPKn di SMP Kristen Rehobot Oebelo?.(3)Apakah Media Pembelajaran Video Interkatif efektif digunakan pada Pembelajaran PPKn di SMP Kristen Rehobot Oebelo?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk medeskripsikan
Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif dikembangkan pada Pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama. (2) Untuk Mendeskripsikan Media Pembelajaran Video Interaktif valid digunakan pembelajaran PPKn di SMP Kristen Rehobot Oebelo. (3) Untuk Mendeskripsikan Media Pembelajaran Video Interkatif efektif digunakan pada Pembelajaran PPKn di SMP Kristen Rehobot Oebelo. Penelitian ini merupakan Model pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Rehobot Oebelo Sebanyak 14 Siswa. Instrument pengambilan data yang digunakan berupa angket daya tarik sebelum-sesudah dan soal pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan uji tHitung dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk media pembelajaran video interaktif dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli rata-rata sangat valid serta respon angket siswa dengan kategori sangat setuju (2) ada perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran video interaktif pembelajaran PPKn pada materi Arti Kedudukan Dan Fungsi Pancasila, berdasarkan hasil pengujian tHitung ini menunjukkan bahwa hasil uji pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung > t tabel (8.339 > 2.160) dan pada uji gain dengan kategori terbanyak sedang 11 siswa dari 14 siswa. (3) media pembelajaran video interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan uji t hitung dan uji Gain. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulakan bahwa media pembelajaran video interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas
VIII SMP Kristen Rehobot Oebelo Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang.

Kata Kunci : Media Video Iteraktif,Daya Tarik,Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Devita Aksamina Fallo - Personal Name
Student ID
1801070005
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Ketua Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 llo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA