Efektivitas Inovasi Gerobak Cinta Dalam Penanganan Stunting Di Kabupaten Flores Timur (Studi Kasus Di Kecamatan Lewolema)

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Inovasi Gerobak Cinta Dalam Penanganan Stunting Di Kabupaten Flores Timur (Studi Kasus Di Kecamatan Lewolema)

XML

Setelah adanya Inovasi Gerobak Cinta yang mulai dijalankan pada tahun 2019 angka stunting di Kecamatan Lewolema mengalami penurunan dari tahun 2018 sampai tahun 2020 dari 33,67% menjadi 21,1%. Namun pada tahun 2021 di Kecamatan Lewolema presentase stunting mengalami kenaikan lagi sebesar 2.7% dari 21.1% menjadi 23.8%. Untuk dapat Mengetahui dan Menganalisis Efektivitas Inovasi Gerobak Cinta Dalam Penanganan Stunting di Kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Dalam efektivitas perencanaan Inovasi Gerobak Cinta pada tahun 2021 belum efektif keran tidak adanaya kesesuian rencana dalam pelaksanaan inovasi gerobak cinta. Sedangkan untuk efektivitas pelaksanaan juga belum efektif karena beberapa program yang tidak dijalankan. Untuk efektivitas pengawasan cukup efektif yang dapat dilihat dari adanya pengawasan yang dialakukan oleh pihak puskesmas. Efektivitas evaluasi cukup efektiv karena adanya proses penilaian yang dilakukan untuk menjadikan bahan pertimbangan pelaksanaan Inovasi Gerobak Cinta di tahun selanjutnya. Efektivitas Perencanaan, Pada indikator ini fakta menunjukan bahwa di Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur dalam pelaksanaan Inovasi Gerobak Cinta pada Tahun 2021 dalam perencanaan yang dapat dilihat dari kesesuian rencana, tujuan dan sumber daya manusia, belum efektif karena adanya perbedaan pada petunjuk teknis Pelaksanaan Inovasi Gerobak Cinta dengan perencanaan yang dilakukan di Kecamatan Lewolema, Pada efektivitas pelaksanaan Inovasi Gerobak Cinta di Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur pada Tahun 2021 belum efektif karena terdapat beberapa kegiatan atau program yang tidak dijalankan hal inilah menjadi salah satu penyebab presentase angka stunting pada tahun 2021 meningkat. Efektivitas Pengawasan, Di Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur pelaksanaan Inovasi Gerobak Cinta untuk diawasi oleh pihak pemerintah setempat melalui pihak Kecamatan melakukan monitoring yang baik dengan turun langsung ke posyandu dan juga ke tempat makan terpusat anak stunting dan dibantu oleh pihak tenaga kesehatan melalui pihak dari Puksesmas Lewolema. Efektivitas Evaluasi, Pada pelaksanaan Inovasi Gerobak Cinta di Kecamatan Lewolema, Kabupaten Flores Timur. Efektivitas evaluasi dapat dilihat melalui adanya proses pengumpulan informasi dan pengolahan data dan informasi. Saran untuk Pemerintah Kabupaten Flores Timur seharusnya untuk pembuatan RAPBD Kabupaten Flores Timur harus tetap ada anggaran khusus untuk penanganan stunting di Kabupaten Flores Timur setiap tahunnya meskipun pada tahun-tahun sebelumnya angka stunting sudah menurun.

Kata Kunci: Efektifitas, Inovasi, Gerobak Cinta, Penanganan, Stunting.


Detail Information

Item Type
Penulis
DIAN ANDINI PUTRI - Personal Name
Student ID
1803010119
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 PUT E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA