Skripsi
INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X DI SMAN 5 KUPANG
XMLABSTRAK
Uba, Inggit Larasati. 2022. Inovasi Media Pembelajaran Digital Dengan Aplikasi Canva Pada
Mata Pelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Di SMAN 5
Kupang. Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Pembimbing I : Bella Theo Tomi
Pamungkas, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing II : Sukmawati, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Inovasi, Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran
digital dengan aplikasi canva pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar
kelas X di SMA Negeri 5 Kupang. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran
dengan aplikasi canva ada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar kelas X
di SMA Negeri 5 Kupang. (3) mengetahui efektivitas inovasi media pembelajaran digital
dengan aplikasi canva pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar kelas X
di SMA Negeri 5 Kupang. Media pembelajaran digital yang kreatif dan aktif adalah canva
dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) Model
ADDIE (Analisys, Desaign, Development, Implementation and Evaluation). Tingkat
kelayakan dari media dengan menggunakan canva ini dilihat dari penilaian dua validator
yaitu ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penilaian dari dua validator diperoleh
nilai skor rata rata sebesar 86% dengan kategori sangat baik atau valid, Artinya bahwa media
pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva ini layak/valid digunakan dalam
pembelajaran serta tanggapan respon siswa diperoleh nilai skor rata-rata sebesar 91% dengan
kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Setelah itu dilakukan ujicoba pada
peserta didik SMAN 5 Kupang untuk melihat keefektifan dari media pembelajaran
menggunakan aplikasi canva ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil sebelum
menggunakan media (pre tes) dan sesudah menggunakan media (post tes) diperoleh nilai
selisih/perbandingannya sebesar 64 dan 88. Berdasarkan hasil dari perbandingan dari
keduanya bahwa dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilainya sebesar 0,66 dengan
kategori baik/cukup efektif, artinya bahwa media pembelajaran dengan menggunakan
aplikasi canva pada materi dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan ini efektif dapat
meningkatkan hasil belajar siswa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
INGGIT LARASATI UBA - Personal Name
|
Student ID |
1901100131
|
Dosen Pembimbing |
SUKMAWATI - 198909172022032006 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN GEOGRAFI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 UBA I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |