Budaya Pemberian Nama Pada Anak Dalam Masyarakat Bunggeta di Desa Mataru Utara, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Budaya Pemberian Nama Pada Anak Dalam Masyarakat Bunggeta di Desa Mataru Utara, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor

XML

Kafolapada, Oliva Magdalena. 1801070030. Budaya Pemberian Nama Pada Anak Oleh Masyarakat Bunggeta di Desa Mataru Utara, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor. Dibimbing oleh Dr. Leonard Lobo, M.Kes (sebagai Pembimbing I) dan Daud Y. Nassa, S.Pd.,M.Pd (sebagai Pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan budaya pemberian nama pada anak yang dilakukan oleh masyarakat Bunggeta di Desa Mataru Utara, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor. 2) untuk mendeskripsikan wujud makna pemberian nama pada anak oleh masyarakat Bunggeta di Desa Mataru Utara, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptuf kualitatif yakni suatu analisis yang yang menggambarkan secara terperinci hasil-hasil yang ditemukan di dalam lapangan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang ada, data yang dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk wawancara dengan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat dan tokoh adat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Budaya pemberian nama pada anak yang dilakukan oleh masyarakat Bunggeta adalah seorang anak yang baru dilahirkan akan diberikan dua nama yakni nama kampung (nama yang mengikuti para leluhur atau nenek moyangnya) dan nama serani (nama yang dipermandikan oleh Pendeta) nama ini ada yang menggunakan bahasa daerah mereka (bahasa Abui) dan juga karena perkembangan zaman maka ada yang menggunakan nama-nama dari bahasa asing. 2) Wujud makna pemberian nama pada anak yang dilakukan oleh masyarakat Bunggeta memiliki tiga wujud makna dalam antropolingiustik yaitu, wujud makna futuratif (mengandung harapan), wujud makna situasional (mengandung harapan pada situasi pemberian nama), dan wujud makna kenangan (mengandung kenangan).
Kata Kunci : Pemberian Nama, Makna Nama dalam Masyarakat Bunggeta


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801070030
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Maria L. Bribin - 199305132019032025 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA