Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang

XML

Terdapat 1 rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas IV SD Negeri
Taeltob Kabupaten Kupang?. Instrumen pengukuran hasil belajar berupa tes pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti dan disetujui oleh dosen pembimbing dan guru kelas. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one-group pretest- posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang yang berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas IV SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang dengan jumlah siswa 10 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, analisis data deskriptif kuantitatif, dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil pengujian normalitas Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dalam perhitungan menggunakan program SPSS 22 terlihat bahwa data post-test hasil belajar memiliki nilai sig > 0,05 yaitu 0,200 , maka dapat disimpulkan bahwa kelompok data tersebut berdistribusi normal. Uji prasyarat kedua adalah uji homogenitas.
Hasil uji homogenitas mengunakan SPSS 22 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,018, maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini memiliki varian yang homogen. Selanjutnya untuk mengetahui hasil pengujian hipotesis, menggunakan uji statistic t. Berdasarkan hasil uji statistik t nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai signifikansi dari data posttest sebesar 0,487 hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPA kelas IV SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang

Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Amelia Faot - Personal Name
Student ID
1701140203
Dosen Pembimbing
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 1
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA