INTENSITAS KERUSAKAN BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) YANG DISEBABKAN LALAT BUAH (Bactrocera spp.) PADA KELOMPOK TANI NET MOLLO DI DESA BOENTUKA KECAMATAN BATU PUTIH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

INTENSITAS KERUSAKAN BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) YANG DISEBABKAN LALAT BUAH (Bactrocera spp.) PADA KELOMPOK TANI NET MOLLO DI DESA BOENTUKA KECAMATAN BATU PUTIH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas kerusakan yang disebabkan oleh lalat buah, jenis/spesies lalat buah yang menyerang tanaman tomat milik Kelompok Tani Met Mollo dan telah di laksanakan dari bulan Mei sampai Juli 2022 di lahan tanaman tomat Kelompok Tani Net Mollo, Desa Boentuka, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan Teknik pengamatan langsung untuk mengetahui jenis/spesies lalat buah yang menyerang tanaman tomat di Kelompok Tani, Desa Boentuka, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, gejala kerusakan yang disebabkan oleh lalat buah, dan intensitas kerusakannya. Pengambilan sampel dilakukan pada lahan berukuran 20 m x 15 m dan ditentukan 5 sub unit petak pengamatan berukuran 1x1 m. Setelah itu ditentukan 5 tanaman sebagai tanaman sampel.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa jenis/spesies lalat buah yang di temukan adalah Bactrocera dorsalis dengan gejala kerusakan yaitu terdapat lubang pada daging buah yang semakin meluas, warna daging buah menjadi hitam dan mengalami pembusukan hingga gugur sebelum waktunya panen. Intensitas kerusakan yang di sebabkan oleh Bactrocera dorsalis paling tinggi terjadi pada pengamatan minggu ke-5 sebesar 80,9% dan paling rendah pada minggu ke- 1 sebesar 9,09. Pada minggu 1-2 dikategorikan intensitas kerusakan ringan, dan minggu ke-3 dikategorikan intensitas kerusakan sedang dan pada minggu ke-4 dan 5 dikategorikan intensitas kerusakan berat.

Kata Kunci : Intensitas kerusakan, lalat buah, tomat


Detail Information

Item Type
Penulis
Marselina Palang - Personal Name
Student ID
1804060013
Dosen Pembimbing
Yasinta L. Kleden, SP.,M.Si - 198003182005012001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes U. R. Iburuni, SP., M.Si - 197812202005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petronella S. Nenotek - 19770102 200501 2 001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
Agroteknologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 Pal I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA