Skripsi
KAJIAN FAKTOR PENYEBAB KETIDAKEFEKTIFAN KINERJA TERMINAL MENA KOTA RUTENG KABUPATEN MANGGARAI
XMLKajian faktor penyebab ketidakefektifan Terminal Mena Kota Ruteng
Kabupaten Manggarai dilakukan karena dalam pengoperasiannya terminal ini
menghadapi berbagai permasalahan yang menyebabkan kinerjanya menjadi tidak
efektif, karena berbagai permasalahan yang disebabkan oleh berbagai faktor yang
terdapat dalam terminal itu sendiri ataupun dari luar terminal. Berdasarkan hasil
dari pengamatan di Terminal Mena dan berbagai data yang telah didapatkan
dilakukan beberapa analisis. Analisis ketersediaan berdasarkan Peraturan Menteri
Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 40 Tahun 2015 tentang Standar
Pelayanan Terminal Angkutan Jalan dengan uji binomial yang dimana berdasarkan
pengujian tersebut terbukti bahhwa ketersediaan fasilitas pelayanan di Terminal
Mena sangatlah kurang. Analisis peramalan (forecasting) dengan menggunakan
metode regresi linear dimana berdasarkan analisis ini diketahui bahwa terjadinya
penurunan jumlah penumpang dan kendaraan dari tahun ramalan 2022 sampai
dengan tahun 2031 maka dapat disimpulkan bahwa terminal tidak berfungsi dengan
baik sehingga perlu dilakukan analisis lanjutan. Dari hasil analisis jam puncak
diketahui jam puncak volume penumpang dan volume kendaraan tahun 2017
sampai tahun 2021 menurun. Hasil analisis kapasitas berdasarkan kebutuhan luasan
terminal berdasarkan Rancangan Pedoman Teknis Pembangunan Dan
Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Dan Barang oleh Direktorat Jendral
Perhubungan Darat diketahui Terminal Mena seharunya memiliki luas sebesar
35000 m² dengan 10725.52 m² total luas ruang, 3217.65 m² luas taman, dan
21056.83 m² untuk cadangan pengembangan sedangkan luas Terminal Mena saat
ini hanya 4031 m.Setelah melakukan analisis faktor penyebab ketidakefektifan
kinerja Terminal Mena menggunakan metode analisis mean dan metode PLS-SEM
diketahui bahwa faktor utama penyebab ketidakefektifan Terminal Mena
berdasarkan presepsi penumpang adalah faktor sikap pengguna jasa terminal
sedangkan berdasarkan presepsi pengemudi faktor yang paling mempengaruhi
adalah faktor aksesibilitas. Berdasarkan analisis SWOT diketahui bahwa saat ini
keadaan pengelolaan Terminal Mena berada pada kondisi yang sangat tidak
menguntungkan karena berada pada kuadran IV yaitu zona defensif dimana sedang
menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan sehingga berdasarkan keadaan
tersebut diberikan beberapa strategi defensif atau strategi bertahan untuk mengatasi
segala ancaman dan kelemahan yang ada pada pengelolaan Terminal Mena.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARRY GRACE ANDRIYANI GAUT - Personal Name
|
Student ID |
1806010049
|
Dosen Pembimbing |
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
TRI MARDIYATI W SIR - 197905062006042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dolly W Karels - 196210121992032001 - Ketua Penguji
John H. Frans, ST, MT - 197506022001121002 - Penguji 1 Tri Mardiyati W Sir - 197905062006042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
222.01 Gau M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |