Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keutuhan Keluarga Pada Pasangan Suami Istri Yang Bertempat Tinggal Terpisah Karena Tuntutan Pekerjaan (Studi kasus di Desa Ladolima Utara, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo)

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keutuhan Keluarga Pada Pasangan Suami Istri Yang Bertempat Tinggal Terpisah Karena Tuntutan Pekerjaan (Studi kasus di Desa Ladolima Utara, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo)

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keutuhan keluarga pada pasangan suami istri yang bertempat tinggal terpisah di Desa Ladolima Utara, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo? Ada pun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keutuhan keluarga pada pasangan suami istri yang bertempat tinggal terpisah di Desa Ladolima Utara, Kecamatan Keo Tengah, Kabupaten Nagekeo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini Teori Komunikasi Interpersonal Joseph A. Devito. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 pasangan yaitu pasangan suami istri yang bertahan(utuh). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, redukasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini faktor yang mempengaruhi keutuhan keutuhan keluarga pada pasangan suami istri yang bertempat tinggal terpisah karena tuntutan pekerjaan, 1). Faktor internal : Kepercayaan, komunikasi, , dan kesetiaan. 2). Faktor eksternal :faktor agama, faktor keamanan dan faktor ekonomi terpenuhi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu faktor internal (kepercayaan, komunikasi, kesetiaan) dan faktor eksternal yang diterapkan oleh pasangan suami istri di desa Ladolima Utara yang harus tinggal berjauhan berhasil membuat pasangan suami istri atau keluarga tersebut bisa tetap harmonis, utuh dan rukun. Saran: Bagi suami sebagai kepala keluarga hendaknya mencari nafkah dan tetap berjuang demi keluarga dan menyekolahkan anak-anaknya. Bagi keluarga dan masyarakat hendaknya memberikan dukungan moral bagi pasangan suami istri yang bertempat tinggal terpisah karena tuntutan pekerjaan dalam berjuang untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga.
Kata Kunci: Keutuhan Keluarga, Pasangan Suami Istri, Pekerjaan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Elisabeth Ue - Personal Name
Student ID
1623030012
Dosen Pembimbing
ARIS LAMBE - 196205021990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Ketua Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 1
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ue F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA