Skripsi
Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kota Kupang
XMLABSTRAK
Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kota Kupang
Oleh :
Januarius Johanson Balla
1810030100
Pertumbuhan ekonomi adalah satu indikator keberhasilan pemerintah dalam menjalankan dan mengelolah suatu negara. Perkembangan perekonomian di suatu Negara dapat dilihat dari pembangunan ekonomi dari Negara tersebut, begitu juga di Indonesia. Salah satu hal yang mendorong pembangunan ekonomi di Indonesia adalah keberhasilan sektor informal. Salah satu usaha pada sektor informal adalah usaha pada pedagang kaki lima atau PKL. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara langsung di temukan bahwa sebagian masyarakat kota kupang memiliki pekerjaan sebagai pedagang kaki lima. Modal, Jam Kerja Kerja, Umur Pedagang, Lama Usaha, dan Tenaga Kerja sangat berpengaruh pada pendapatan pedagang kaki lima. jam kerja yang kurang menentu mempengaruhi produktivitas usaha pedagang kaki lima sehingga berdampak pada pendapatan pedagang kaki lima, jumlah karyawan yang minim membuat kurang maksimalnya pelayanan sehingga berdampak pada kepuasan konsumen, dan juga umur kerja yang bervariasi dalam menjalankan usaha pedagang kaki lima mengakibatkan tidak maksimal dalam menjalankan usaha. Sedangkan lama usaha pedagang kaki lima berdagang di Kota Kupang yaitu ada yang sudah menjalankan usahanya satu tahun dan ada juga yang sudah lebih dari satu tahun, lamanya usaha tidak menggambarkan suatu progres yang baik dalam usaha pedagang kaki lima. Penelitian ini berlokasi di daerah Kota Kupang (survei kasus Kecamatan Kelapa Lima, Kecamatan Alak, Kecamatan Kota Raja, Kecamatan Kota Lama, Kecamatan Maulafa, dan Kecamatan Oebobo). Di kawasan itu akan diidentifikasi seluruh potensi dan persepsi masyarakat/tentang keberadaan para pedagang kaki lima. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa strategi yang harus digunakan Pedagang kaki lima untuk meningkatkan pendapatan adalah strategi insentif seperti penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.
Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Pedagang Kaki Lima, dan Strategi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Januarius Johanson Balla - Personal Name
|
Student ID |
1810030100
|
Dosen Pembimbing |
Marianus S. Neno - 198705242019031012 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Wehelmina Mariana Ndoen - 196205201989012002 - Ketua Penguji
Marianus S. Neno - - Penguji 1 Dr. Petrus E. de Rozari, MM - 19630703 198901 1 001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen
|
Kontributor |
Hironnymus Jati - 195805181986031003 - Kontributor
Dra. Wehelmina M. Ndoen, M.M - Kontributor Marianus S. Neno, S.Fil,M.M - Kontributor Dr. Petrus de Rozari, M.M - Kontributor |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
612.01 Joh S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |