Efektivitas Metode Peer Teaching Dalam Pelatihan Psychological First Aid Terhadap Peningkatan Prosocial Behavior Intention Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Metode Peer Teaching Dalam Pelatihan Psychological First Aid Terhadap Peningkatan Prosocial Behavior Intention Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

XML

Tujuan: Mengetahui efektivitas metode peer teaching dalam pelatihanpsychological first aid untuk meningkatkan prosocial behavior intentionmahasiswa Universitas Nusa Cendana.Metode: Penelitian quasi experimental with pre-test-post-test control groupdesign dengan total responden 88 mahasiswa yang dikelompokkan menggunakanmetode cluster sampling menjadi kelompok eksperimen 1 (n=3), kelompokeksperimen II (n=22) dan kelompok kontrol (n=63) . Proses pengumpulan datadata pre- dan post-test dilakukan kepada ketiga kelompok secara online denganmenggunakan kuesioner prosocial tendencies measure. Kemudian data dianalisissecara kuantitatif menggunakan repeated measure anova karena data terdistribusinormal.Hasil: Berdasarkan hasil analisis tidak terdapat perbedaan signifikan antarasignifikan antara rerata pre dan post test pada ketiga kelompok (p value withinsubjects =0,360; p value between subjects = 0,632).Kesimpulan: Pelatihan Psychological First Aid (PFA) menggunakan metode peerteaching tidak dapat meningkatkan prosocial behavior intention pada mahasiswaUniversitas Nusa Cendana. Meskipun begitu, terdapat beberapa hal penting yangdipelajari dari studi ini, yaitu pelatihan yang diberikan dalam bentuk tatap mukadi dalam kelas dan role play kurang tepat untuk meningkatkan prosocial behaviorintention. Sebaiknya terdapat sesi praktek langsung di lapangan, misalnya bekerjasama dengan instansi seperti Rumah Sakit, Dinas Pemadam Kebakaran, atauxiiBadan Penanggulangan Bencana Daerah. Selain itu metode peer teaching dimanamahasiswa saling menolong dan mengajar satu sama lain dipandang lebih nyamandan dapat meningkatkan interaksi serta ikatan sosial antar sesama mahasiswa.
Kata Kunci: Mental Health, Psychological First Aid, Peer Teaching, Prosocial Behavior Intention


Detail Information

Item Type
Penulis
Irmanuwela Sia - Personal Name
Student ID
1908010058
Dosen Pembimbing
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Sia E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA