Analisis Hasil Belajar Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Sulamu

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Hasil Belajar Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Sulamu

XML

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan teknik pendekatan dekriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sulamu. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa. Subjek yang terpilih dalam wawancara sebanyak 6 siswa yang ditentukan dari tes diagnostiknya. Siswa yang terpilih sebagai subjek wawancara diambil dari hasil pengkriterian tinggi, sedang, rendah dan masing-masing diambil 2 pengkriterian. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika berupa soal uraian sebanyak 6 item berdasarkan taksonomi Bloom yaitu ditinjau dari tahap 1) mengingat, 2) memahami, 3) menerapkan, 4) menganalisis, 5) mengevaluasi, 6) mencipta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan tingkatan mengingat pada kriteria tinggi masuk kategori baik dan cukup, kriteria sedang keduanya masuk kategori cukup, dan kriteria rendah masuk kategori cukup dan kurang. Tingkatan memahami pada kriteria tinggi keduanya masuk kategori baik, kriteria sedang keduanya masuk kategori baik, dan kriteria rendah masuk kategori cukup dan kurang. Tingkatan menerapkan pada kriteria tinggi keduanya masuk kategori baik, kriteria sedang masuk kategori baik dan cukup, dan kriteria rendah masuk kategori cukup dan kurang. Tingkatan menganalisis pada kriteria tinggi masuk kategori baik dan cukup, kriteria sedang masuk kategori baik dan kurang, dan kriteria rendah keduanya masuk kategori kurang. Tingkatan mengevaluasi pada kriteria tinggi keduanya masuk kategori baik, kriteria sedang keduanya masuk kategori kurang, dan kriteria rendah keduanya masuk kategori kurang. Tingkatan mencipta pada kriteria tinggi masuk kategori baik dan cukup, kriteria sedang keduanya masuk kategori kurang, dan kriteria rendah keduanya masuk kategori kurang. Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kurangnya ketelitian, kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran matematika pada materi perbandingan, kurangnya daya ingat, kurangnya minat dalam belajar matematika, kurangnya percaya diri, dan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kurangnya perhatian orang tua atau keluarga.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Ranah Kognitif, Revisi Taksonomi Bloom.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701030009
Dosen Pembimbing
Siprianus S. Garak - 196512311992031027 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius Afrisno Udil - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siprianus Suban Garak - - Ketua Penguji
Patrisius A. Udil, - - Penguji 1
Magdalena Wangge - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Sil A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA