Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Sirih Merah (Piper crocatum) Terhadap Gambaran Histopatologi Otot Jantung Tikus (Rattus norvegicus) Diinduksi Aloksan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Sirih Merah (Piper crocatum) Terhadap Gambaran Histopatologi Otot Jantung Tikus (Rattus norvegicus) Diinduksi Aloksan

XML

Latar Belakang:Daun sirih merah mengandung senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid, alkaloid, saponin dan tanin, dimana senyawa tersebut dapat berperan sebagai antidiabetes. Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia karena menurunnya sekresi insulin, cara kerja insulin, maupun keduanya yang menghasilkan Reactive Oxygen Species (ROS). Oleh sebab itu ekstrak daun sirih merah diharapkan dapat mengurangi kerusakan pada otot jantung akibat DM dengan cara menghambat terbentuknya ROS oleh antioksidan yang terkandung di dalamnya.
Tujuan:Mengetahui bagaimana pengaruh ekstrak etanol daun sirih merah (Piper crocatum) terhadap gambaran histopatologi otot jantung tikus (Rattus norvegicus) diinduksi aloksan.
Metode:Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorium dengan pendekatan true experimental design posttest only with control group. Sampel terbagi menjadi 5 kelompok (KK+, KK-, KP1, KP2, KP3) dimana masing-masing kelompok terdiri dari 6 ekor tikus. Deposit fibrosis interstisial, hipertrofi miosit ventrikel, dan deposit lipid intramiosit merupakan hal yang dinilai dari preparat otot jantung. Data dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc LSD.
Hasil:Uji Kruskall-Wallis didapati perbedaan yang signifikan antara pemberian ekstrak daun sirih merah dengan gambaran histopatologi otot jantung tikus hipertrofi miosit ventrikel dengan p= 0.009, namun tidak didapati perbedaan yang signifikan pada gambaran deposit fibrosis interstisial p= 1.000 dan deposit lipid intramiosit p= 0.866 (p <0.05).
Kesimpulan:Ekstrak etanol daun sirih merah (Piper crocatum) berpengaruh signifikan terhadap gambaran hipertrofi miosit ventrikel pada histopatologi otot jantung tikus (Rattus norvegicus) diinduksi aloksan, namun tidak berpengaruh signifikan pada gambaran deposit fibrosis interstisial serta deposit lipid intramiosit.
Kata Kunci:Daun Sirih Merah, Diabetes Melitus, Aloksan, Histopatologi Otot Jantung


Detail Information

Item Type
Penulis
Riky Alberth Lerrick - Personal Name
Student ID
1908010053
Dosen Pembimbing
Penguji
Efrisca Meliyuita Br Damanik - 197804182008012018 - Ketua Penguji
Rr. Listyawati Nurina, S.Si, M.Sc,.Apt - 198403142009122005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Ler P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA