Efektivitas Metode Peer Teaching dalam Pelatihan Psychological First Aid terhadap Peningkatan Self Efficacy Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Metode Peer Teaching dalam Pelatihan Psychological First Aid terhadap Peningkatan Self Efficacy Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

XML

Latar Belakang: Kesehatan merupakan hal yang penting karena kesehatan berperan dalam keberfungsian semua aspek kehidupan bagi seluruh masyarakat yang meliputi keadaan fisik, sosial, dan mental. Melihat berbagai permasalahan kesehatan mental yang dialami oleh kelompok usia mahasiswa maka dilakukan kegiatan promosi kesehatan dengan memberikan pelatihan Psychological First Aid (PFA) menggunakan metode peer teaching dimana mahasiswa mengajar mahasiswa lain sebagai upaya peningkatan general self efficacy (GSE) yang berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan kognitif dan keberhasilan akademik mahasiswa.
Tujuan: Mengetahui efektivitas metode peer teaching dalam pelatihan psychological first aid untuk meningkatkan general self efficacy mahasiswa Universitas Nusa Cendana.
Metode: Penelitian quasi experimental with pre-test-post-test control group design dengan total responden 90 mahasiswa yang dibagi berdasarkan cluster sampling ke dalam kelompok perlakuan I (n=5), kelompok perlakuan II (n=25) dan kelompok kontrol (n=60). Pelatihan PFA diberikan oleh mentor (psikolog) kepada kelompok perlakuan I (peer tutor). Peer tutor memberikan pelatihan PFA kepada kelompok perlakuan II menggunakan metode peer teaching sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Pengumpulan data pre- dan post-test dilakukan pada ketiga kelompok dengan menggunakan online general self efficacy scale. Analisis data menggunakan repeated measure anova karena data terdistribusi normal.
Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata pre dan post test pada ketiga kelompok (p value within subjects = 0,953; p value between subjects = 0,610).
Kesimpulan: Metode Peer Teaching dalam pelatihan Psychological First Aid tidak efektif terhadap Peningkatan General Self Efficacy Mahasiswa Universitas Nusa Cendana.

Kata Kunci: Kesehatan Mental, Psychological First Aid, Peer Teaching, General Self Efficacy


Detail Information

Item Type
Penulis
Ayu Cyntia Tanto - Personal Name
Student ID
1908010016
Dosen Pembimbing
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Submitted
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Submitted
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA