Analisis Pemberian Nama Pada Anak Usia Dibawah 5 Tahun Di Desa Batu Kecamatan Pantar Timur Kabupaten

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pemberian Nama Pada Anak Usia Dibawah 5 Tahun Di Desa Batu Kecamatan Pantar Timur Kabupaten

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk mendeskripsikan proses pemberian nama pada anak usia dibawah 5 tahun di Desa Batu Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor, (2) Untuk mendeskripsikan makna dan harapan pemberian nama pada anak usia dibawah tahun di Desa Batu Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif yakni suatu analisa yang menggambarkan secara terperinci hasil-hasil yang di temukan di lapangan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telah di peroleh dari lapangan baik data primer maupun data sekunder yang baik dan jelas sehingga mudah dipahami. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studio dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Pemberian Nama Anak di Desa Batu Kecamatan Pantar Timur melalui proses pemberian nama anak dari proses nenek moyang dan bahasa ibrani dan proses pengesahan nama nenek moyang dan bahasa ibrani tersebut yang seringkali disebut dengan Ibadah Syukuran di Desa Batu masih sangat kental. Arti dan harapan nama yang peneliti dapatkan yaitu pembagian nama berdasarkan Bahasa Ibrani, nama nenek moyang serta Bahasa Ibrani dan Bahasa Inggris. Peneliti mendapatkan juga keakraban dan kedekatan masyarakat sekitar yang masih sangat harmonis. Selain mengesyahkan nama anak salah satun tujuan dari Ibadah Syukuran yaitu bertujuan untuk berkumpul dengan sanak saudara dan keluarga besar, kerabat maupun tetangga sekitar untuk makin mempererat kekeluargaan. Waktu tersebut digunakan untuk makan bersama di rumah orang tua si anak.
Kata Kunci: Nama, Makna dan Harapan, Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Penulis
Frolinda Lily - Personal Name
Student ID
1901070073
Dosen Pembimbing
makarius - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Penguji 1
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Lily A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA