Pengaruh Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Nusa Cendana

XML

ABSTRAK
Latar Belakang : Mahasiswa mengalami stres dari berbagai sumber, baik masalah akademik yang berkaitan dengan kegagalan dalam prestasi akademik, masalah kesehatan, dan dalam penulisan tugas akhir. Hal ini berasal dari beban jumlah dan kompleksitas materi yang harus dipelajari, jadwal kuliah yang padat dan tugas yang menumpuk. Oleh sebab itu, semakin tinggi angka kejadian stres maka diperlukan penanganan yang tepat baik dari segi farmakologis maupun segi non-farmakologis. Penanganan dari segi non-farmakologis untuk mengatasi stres yang mempunyai banyak manfaat salah satunya yaitu Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation, JPMR menjadi pilihan karena merupakan jenis terapi relaksasi yang termurah, sederhana dan mudah dilakukan secara mandiri.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation terhadap tingkat stres mahasiswa tingkat akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Nusa Cendana.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental with pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner Depresion Anxiety Stress Scales 42 (DASS 42). Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test.
Hasil : Dari hasil uji menggunakan uji wilcoxon signed rank test, terdapat pengaruh yang signifikan dapat menurunkan tingkat stres mahasaswa tingkat akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Nusa Cendana dengan nilai p=0,0001.
Kesimpulan : Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation dapat menurunkan tingkat stres mahasaswa tingkat akhir Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Nusa Cendana.

Kata Kunci : Jacobson’s Progressive Muscular Relaxation, Tingkat Stres


Detail Information

Item Type
Penulis
Faldy Adithias Ngulu - Personal Name
Student ID
1908010056
Dosen Pembimbing
I MADE ARTAWAN - 198005202009121004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Derri Tallo Manafe - - Ketua Penguji
I Made Artawan - 198005202009121004 - Penguji 1
I Made Buddy Setiawan - 198502072018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Ngu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA