PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

XML

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) dilakukan di SMA Negeri 1 Kupang Tengah, pada tanggal 18 Mei - 10 Juni 2022 pada penelitian ini akan menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugyono 2009) dengan tujuan Untuk mengetahui Validitas media pembelajaran berbasis video animasi materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI di SMA Negeri 1 Kupang Tengah. Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi pada materi system reproduksi terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kupang
Tengah. Tahap model pengembangan meliputi 1. Tahap Potensi dan masalah, melakukan observasi ke sekolah dan temuan masalah 2. Tahap Desain Produk, tahap perancangan design video pembelajaran yang akan dikembangkan, 3. Tahap validasi desain, dilakukan oleh validator media dan validator ahli materi, 4. Tahap Revisi desain dan pembuatan Produk berdasarkan saran dan masukan dari validator ahli materi dan validator ahli media Pada pembuatan produk media video animasi ini menggunakan aplikasi Kine master, penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk menghasilkan video yang baik, lengkap dan menarik agar video ini bisa memfasilitasi guru untuk penyampaian materi sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa, menarik perhatian dan juga dapat memotivasi siswa untuk belajar pada mata pelajaran biologi khususnya materi sistem reproduksi manusia. 5. Tahap Uji Coba Produk, Media Video animasi akan diujicobakan pada siswa kelas XII Ipa SMA Negeri 1 Kupang Tengah dengan sampel 20 orang Keefektifan media video animasi berdasarkan hasil uji produk yang diujikan pada kelas sampel memiliki kategori “sangat baik” dengan presentase kelayakan respon siswa terhadap media video animasi yaitu 92%. keseluruhan masing-masing 82% untuk materi dan 86% untuk media. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata preetest adalah 33,6 sedangkan posttest adalah 90,6, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi layak digunakan.

Kata kunci : Pengembangan, Video animasi, Sistem Reproduksi Pada manusia.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701040064
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN BIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Lab P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA