Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri Banat Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri Banat Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

XML

Tujuan dilakukan penelitian adalah adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui penerapan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) pada siswa kelas XI SMA Negeri Banat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan reflektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan hasil tes. Metode yang dipakai ialah: pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data: menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data: data yang telah diperoleh dihimpun dan dianalisis secara kuantitatif berdasarkan indikator observasi dan tes dilapangan dan menginterprestasi data dan memaparkan hasil peneliti. Subjek penelitian siswa SMA Negeri Banat kelas XI dengan jumlah 16 orang.
Hasil penelitian didapatkan Peningkatan hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) Pada Mata Pelajaran Biologi materi pokok sistem pencernaan manusia. Pada pelaksanaan siklus I dan siklus II, tahap-tahap tersebut telah dilaksanakan dan telah memberikan perbaikan yang positif dalam diri siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Biologi di kelas, misalnya siswa yang semula pasif dalam belajar menjadi lebih aktif dan siswa dalam menyelesaikan soal tes tidak ada lagi yang bekerja sama dengan teman karena siswa sudah yakin dengan kemampuannya sendiri untuk mengerjakan tes tersebut. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang dicapai oleh 16 peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative problem solving (CPS) pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65 dan kentuntasan mencapai 50% dimana sebelumya dari nilai pree tes nilai rata- rata 47,5 dengan nilai kentuntasan hanya mencapai 25%. Kemudian dari siklus I ke siklus II peningkatan yang terjadi nilai rata-rata pada siklus I 66 dan kentuntasan 50% menjadi meningkat dimana siklus II nilai rata-ratanya 81,43 dengan kentuntasan klasikal93,75%.


Detail Information

Item Type
Penulis
YUFRIADI LINTO LAKAPU - Personal Name
Student ID
1701040157
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 LAK K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA