Skripsi
Efektivitas Pelatihan Pshychological First Aid Menggunakan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Mindfulness pada Mahasiswa Universitas Nusa Cendana
XMLLatar Belakang: Mahasiswa banyak mengalami permasalahan kesehatan mental. Kegiatan promosi kesehatan jiwa belum banyak dilakukan di kampus. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental yaitu menerapkan konsep mindfulness. Mindfulness adalah kondisi kesadaran penuh, fokus, dan tidak membiarkan pikiran melayang pada kejadian di hari kemarin atau pada esok hari. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Psychological First Aid sebagai materi dalam promosi kesehatan terkait kesehatan mental dimana salah satu topiknya yaitu melatih mindfulness dengan metode peer teaching. Peer teaching yaitu metode pembelajaran dimana mahasiswa mengajar mahasiswa lain.
Tujuan: Mengetahui apakah metode peer teaching dalam pelatihan PFA efektif untuk meningkatkan mindfulness mahasiswa Universitas Nusa Cendana.
Metode: Penelitian quasi experimental with pre-test-post-test control group design dengan total responden 92 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok peer tutor, kelompok perlakuan, dan kelompok kontrol menggunakan teknik cluster sampling. Dilakukan pengukuran tingkat mindfulness responden melalui pengisian kuesioner mindfulness attention awaranes scale (MAAS) secara online melalui g-from pada tiga waktu pengukuran yang berbeda. Data dianalisis menggunakan uji Repeated Measure ANOVA.
Hasil: Terdapat hasil signifikan dari interaksi pelatihan dengan kelompok yaitu nilai p <.001, nilai f=5.0, dan memiliki effect size sebesar η²p = 0.10 (sedang 0.06-0.14) ,terutama pada kelompok peer tutor dengan nilai p = 0.03
Kesimpulan: Metode Peer Teaching dalam Pelatihan Psychological First Aid efektif untuk meningkatkan mindfulness pada kelompok peer tutor pada mahasiswa Universitas Nusa Cendana
Kata Kunci: Kesehatan Mental, Psychological First Aid, Peer Teaching, mindfulness, mahasiswa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
I Made Dwi Hariady Suastika - Personal Name
|
Student ID |
1908010050
|
Dosen Pembimbing |
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 1 |
Penguji |
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Conrad Liab Hendricson Folamauk - 198810162018031001 - Penguji 1 R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
11201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
112.01 Sua E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |