Efektivitas Pelatihan Pshychological First Aid Menggunakan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Mindfulness pada Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pelatihan Pshychological First Aid Menggunakan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Mindfulness pada Mahasiswa Universitas Nusa Cendana

XML

Latar Belakang: Mahasiswa banyak mengalami permasalahan kesehatan mental. Kegiatan promosi kesehatan jiwa belum banyak dilakukan di kampus. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental yaitu menerapkan konsep mindfulness. Mindfulness adalah kondisi kesadaran penuh, fokus, dan tidak membiarkan pikiran melayang pada kejadian di hari kemarin atau pada esok hari. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Psychological First Aid sebagai materi dalam promosi kesehatan terkait kesehatan mental dimana salah satu topiknya yaitu melatih mindfulness dengan metode peer teaching. Peer teaching yaitu metode pembelajaran dimana mahasiswa mengajar mahasiswa lain.
Tujuan: Mengetahui apakah metode peer teaching dalam pelatihan PFA efektif untuk meningkatkan mindfulness mahasiswa Universitas Nusa Cendana.
Metode: Penelitian quasi experimental with pre-test-post-test control group design dengan total responden 92 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok peer tutor, kelompok perlakuan, dan kelompok kontrol menggunakan teknik cluster sampling. Dilakukan pengukuran tingkat mindfulness responden melalui pengisian kuesioner mindfulness attention awaranes scale (MAAS) secara online melalui g-from pada tiga waktu pengukuran yang berbeda. Data dianalisis menggunakan uji Repeated Measure ANOVA.
Hasil: Terdapat hasil signifikan dari interaksi pelatihan dengan kelompok yaitu nilai p <.001, nilai f=5.0, dan memiliki effect size sebesar η²p = 0.10 (sedang 0.06-0.14) ,terutama pada kelompok peer tutor dengan nilai p = 0.03
Kesimpulan: Metode Peer Teaching dalam Pelatihan Psychological First Aid efektif untuk meningkatkan mindfulness pada kelompok peer tutor pada mahasiswa Universitas Nusa Cendana

Kata Kunci: Kesehatan Mental, Psychological First Aid, Peer Teaching, mindfulness, mahasiswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1908010050
Dosen Pembimbing
NICHOLAS EDWIN HANDOYO - 198003172008011005 - Dosen Pembimbing 1
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Ketua Penguji
Conrad Liab Hendricson Folamauk - 198810162018031001 - Penguji 1
R. PASIFIKUS Ch WIJAYA - 198306082018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Sua E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA