IMPLEMENTASI KERJA SAMA PEMERINTAH KABUPATEN DENGAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA DI BIDANG TRIDARMA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Kerja Sama Pemerintah Kabupaten TTS, TTU dan Malaka Dengan Pascasarjana)

Detail Cantuman

Tesis

IMPLEMENTASI KERJA SAMA PEMERINTAH KABUPATEN DENGAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA DI BIDANG TRIDARMA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Kerja Sama Pemerintah Kabupaten TTS, TTU dan Malaka Dengan Pascasarjana)

XML

Dalam upaya menunjang keberhasilan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, Universitas Nusa Cendana melakukan kerjasama dengan beberapa pemerintah kabupaten untuk mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam tridharma perguruan tinggi. Hubungan kerjasama, Undana yang terjalin dengan ketiga kabupaten yakni Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Malaka, dimana dalam implementasi Kerjasama yang lebih diperhatikan atau dijalankan hanya dharma Pendidikan dan pengajaran sedangkan dua dhrama yakni penelitian dan pengabdian pada masyarakat kurang diperhatikan oleh kedua belah pihak.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengkaji secara dalam implemnatasi Kerjasama dibidang tri dharma perguruan tinggi serta factor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi Kerjasama dimaksud. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi Kerjasama tri dharma perguruan tinggi antara Pascasarjana Undana dengan kabupaten TTS, Kabupaten TTU dan Kabupaten Malaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder yang diambil langsung dari sumber/objek penelitian serta diambil dari berbagai literatur/dokumen kepustakaan lainnya.
Teknik pengumpualn data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama Implementasi Kerjasama dibidang tri dharma perguruan tinggi yang terjadi tidak sesuai dengan harapan yang sudah tertuang dalam nota kesepahaman yang telah disepakati antara kedua belah pihak dimana Undana sebagai pihak penyelenggara dan pemerintah kabupaten sebagai pihak pengguna yang dapat terlihat pada ketiga dharma yang menjadi focus pada ketiga kabupaten hanya dharma Pendidikan dan pengajaran, sedangkan dharma penelitian dan pengabdian pada masyarakat tidak begitu diperhatikan sehingga dalam pelaksanaan Kerjasama masih sangat jauh dari yang diharapkan bersama. Kedua factor-faktor yang mempengaruhi implementasi Kerjasama antara Pascasarjana Undana dengan ketiga kabupaten yakni TTS, TTU dan Malaka ada terdapat dalam 6 (enam)indicator yakni (1) standar dan sasaran kebijakan yang ditetapkan, (2) ketersediaan sumberdaya, (3) komunikasi, (4) disposisi implementor, (5) karakteristik agen pelaksana, dan (6) kondisi sosial, ekonomi politik daerah.
Rekomendasi yang dapat diberikan dalam penelitian adalah pertama perlu Perlu dilakukan revisi dan redefinisi nota kesepahaman kerjasama dalam bidang tridharma perguruan tinggi antara Pascasarjana Undana dengan pemerintah kabupaten TTS, pemerintah kabupaten TTU, dan pemerintah kabupaten Malaka agar proses dan mekanisme pelaksanaannya berjalan lancar serta mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan bersama para pihak. Kedua Pascasarjana Undana perlu melakukan monitoring dan evaluasi secara sistermatis, terstruktur, dan terukur proses dan mekanisme pelaksanaannya serta hasil yang dicapai setiap tahun dengan menggunakan ancangan SWOT.
Kata kunci: kerjasama, tri dharma, implementasi


Detail Information

Item Type
Penulis
Lely H.W Amaina - Personal Name
Student ID
2011020036
Dosen Pembimbing
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.Petrus Kase M.Soc.So - 196208091988031002 - Penguji 1
Dr. Nursalam , M.Si - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
630.01 Ama I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA