Peran Elit Lokal dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 (Studi Di Desa Tanarara, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur)”

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Elit Lokal dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilu Serentak 2019 (Studi Di Desa Tanarara, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur)”

XML

partisipasi politik merupakan tolak ukur dari sebuah negara demokrasi oleh karenanya dalam setiap pemilu sangat dibutuhkan partisipasi langsung dari masyarakat. Keberhasilan pemilu serentak di Desa Tanarara Kabupaten Sumba Timur Tahun 2019 tidak terlepas dari peran elit lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Kesadaran masyarakat untuk mengambil bagian dalam memberi hak suara di Tempat Pemungutan Suara masih relatif minim sehingga dibutuhkan peran elit lokal untuk memberikan sosialisasi dan mendorong masyarakat agar terlibat aktif dalam pemilu serentak di Desa Tanarara. yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana peran elit lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilu serentak tahun 2019 di Desa Tanarara, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur. Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran elit lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilu serentak tahun 2019 di Desa Tanarara, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan adalah Peran elit lokal sangat berpengaruh dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak tahun 2019. Dalam sistem pemilu elit lokal mempunyai peran penting untuk mengingatkan, menghimbau dan mendorong serta mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam pemilu. Faktor pendukung elit lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pemilu serentak tahun 2019 di Desa Tanarara adalah status sosial yang masih diakui oleh masyarakat dan juga memiliki hak otoritas secara umum Sedangkan, faktor penghambat elit lokal dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat adalah tingkat pendidikan, keadaaan ekonomi dan kesadaran dari dalam diri masyarakat itu sendiri.
Kata Kunci: peran, elit lokal, pemilu legislatif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1603040013
Dosen Pembimbing
Rex Tiran - 199111292019031013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rex Tiran - 199111292019031013 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 AWA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA