PERAN TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) DALAM PENJUALAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN (STUDI KASUS TEMPAT PELELANGAN IKAN OEBA DI KELURAHAN FATUBESI, KECAMATAN KOTA LAMA, KOTA KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) DALAM PENJUALAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN (STUDI KASUS TEMPAT PELELANGAN IKAN OEBA DI KELURAHAN FATUBESI, KECAMATAN KOTA LAMA, KOTA KUPANG)

XML

MARIA ALEHANDRA DANUT. Peran Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dalam Penjualan Hasil Tangkapan Nelayan (Studi Kasus Tempat Pelelangan Ikan Oeba di Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang ). Dibimbing oleh Dr.LADY CINDY SOEWARLAN,S.Pi.,M.Pi dan LEBRINA IVANTRY BOIKH, S.Pi., M.Si Tempat Pelelangan Ikan( TPI) ialah salah satu fasilitas dalam aktivitas perikanan yang umumnya terletak dalam pelabuhan ataupun pangkalan pendaratan ikan. TPI menjadi aspek pengggerak dalam meningkatkan pemasukan serta meningkatkan kesejahteraan warga nelayan. Fungsi dari TPI sebagai tempat pemasaran ikan melalui mekanisme lelang, mekanisme lelang merupakan kegiatan pemasaran pertama kali saat hasil tangkapan kapal perikanan didaratkan di pelabuhan perikanan, mekanisme lelang yang dilakukan penawaran secara bebas dan meningkat dengan penawaran tertinggi sebagai pemenang lelang, hal ini bertujuan untuk mendapatkan harga yang normal dan memberikan keuntungan kepada nelayan serta tidak membebankan disalah satu pihak. Akan tetapi pelaksanaan proses pelelangan di TPI Oeba tidak sesuai dengan mekanisme pelelangan yang berlaku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut terkait peran TPI dalam penjualan hasil tangkapan nelayan di Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang dengan melihat fasilitas pelelangan yang disediakan TPI Oeba dan Implementasi fungsi TPI Oeba. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan juli 2022 di Tempat Pelelangn Ikan (TPI) Oeba Kota Kupang. Metode penelitian menggunakan metode metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nelayan, pedagang dan petugas TPI Oeba. sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dengan wawancara obeservasi langsung di TPI Oeba dan data sekunder diperoleh data pengelolaan TPI dari kantor TPI Oeba. Analisis data menggunakan analisis data deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Fasilitas pelelangan di TPI oeba belum optimal dalam penyedian fasilitas dimana banyak fasilitas yang belum disedikan seperti fasilitas sanitasi seperti tempat cuci tangan dan limbah cairan dari TPI Oeba yang langsung mengalir kelaut, impelementasi fungsi TPI dalam pelaksanaan pelelangan juga tidak dilaksanakan dimana setiap hasil tangkapan nelayan akan langsung dijual tanpa melalu proses pelelangan.

Kata kunci: Peran, Tempat Pelelangan Ikan, Fasilitas, Implementasi, Oeba Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ALEHANDRA DANUT - Personal Name
Student ID
1813020070
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54242
Edisi
Published
Departement
Manajemen Sumber Daya Perairan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.42 Dan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA