Pengaruh Penambahan Berbagai Sumber Karbon Terhadap Pembentukan Bioflok Sebagai Bioremediasi Air Pada Budidaya Ikan Patin (Pangasius sp.)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penambahan Berbagai Sumber Karbon Terhadap Pembentukan Bioflok Sebagai Bioremediasi Air Pada Budidaya Ikan Patin (Pangasius sp.)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sumber karbon tepung tapioka, tepung pati jagung, dan tepung terigu pada media budidaya terhadap kualitas air dan pertumbuhan ikan patin (Pangasius sp). Penelitian ini telah dilaksanakan selama dua bulan di Laboratorium Aquaponik Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 Perlakuan dan 3 Ulangan meliputi Perlakuan A = tepung tapioka, Perlakuan B = tepung pati jagung, Perlakuan C = tepung terigu dengan dosis 2 gr/l air.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan variasi sumber karbon tidak berpengaruh nyata terhadap peningkatan jumlah flok (P>0,05), dan berbeda nyata terhadap laju pertumbuhan spesifik ikan patin (Pangasius sp) (P<0,05). Peningkatan jumlah flok menurun selama masa penelitian dengan jumlah peningkatan pada hari ke-60 pada perlakuan A, B, dan C berturut-turut mencapai 1,66; 2; dan 1,66 ml/l. Laju pertumbuhan spesifik mencapai 2,05%; 1,53%; dan 1,74%/hari. Reduksi amonia pada perlakuan tepung tapioka sebesar 0,57 mg/l, perlakuan tepung pati jagung 0,36 mg/l, sedangkan pada perlakuan tepung terigu tidak terjadi reduksi amonia akibat suhu yang rendah pada akhir penelitian sehingga mengganggu metabolisme bakteri dalam mengasimilasi nitrogen, namun masih dapat ditoleransi oleh ikan patin (Pangasius sp). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pemanfaatan tepung tapioka, tepung pati jagung, dan tepung terigu sebagai sumber karbon pada sistem bioflok memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan harian ikan patin (Pangasius sp), serta pengurangan limbah amonia dalam air budidaya.

Kata kunci : Bioflok, Sumber Karbon, Ikan Patin, Amonia, Pertumbuhan.


Detail Information

Item Type
Penulis
CHRISTINA VIRGINIA NINCE - Personal Name
Student ID
1813010052
Dosen Pembimbing
Ade Y.H. Lukas - 19790710 200604 2 002 - Dosen Pembimbing 1
Wesly Pasaribu - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
WESLY PASARIBU - - Penguji 1
FRANCHY CH. LIUFETO - 197604161999031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54243
Edisi
Published
Departement
Budidaya Perairan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.43 NIN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA