Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Media Siber Pada Akun Instagram Online Shop @kupang_kpopstuff)

Detail Cantuman

Skripsi

Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Media Siber Pada Akun Instagram Online Shop @kupang_kpopstuff)

XML

ABSTRAK

Anisyah Melani Sabrina (1803050017) Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Analisis Media Siber pada Akun Instagram Online Shop @kupang_kpopstuff) dibimbing oleh Dr. Petrus Ana Andung, S.Sos., M.Si dan Fitria Titi Meilawati, S.Si., M.I.K. Terdiri dari 162 Halaman, 30 Referensi buku, 11 Jurnal, 4 Situs Internet.

Kupang K-Pop Stuff merupakan salah satu online shop yang menjual produk – produk K-Pop dengan memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran dalam memasarkan produknya melalui akun @kupang_kpopstuff. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kupang K-Pop Stuff melalui media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola komunikasi pemasaran antara admin @kupang_kpopstuff dengan followers, mendeskripsikan motif owner @kupang_kpopstuff dalam melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram, memetakan perilaku konsumen @kupang_kpopstuff dalam menggunakan layanan pemasaran melalui Instagram. Pendekatan atau jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode analisis media siber (AMS). Teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Sosial Teknologi (Social Construction Of Technology). Hasil dari penelitian ini menunjukkan pola komunikasi pemasaran yang tercipta antara admin @kupang_kpopstuff dengan followers ialah pola komunikasi dua arah terjadi saat pengikut menyukai maupun berkomentar pada suatu unggahan, juga pada saat pengikut memanfaatkan fitur direct message untuk berinteraksi dengan admin, dan pola komunikasi satu arah ketika follower tidak memberikan timbal balik dengan mengomentari unggahan produk pada akun @kupang_kpopstuff. Motif owner @kupang_kpopstuff dalam melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram yakni menjadikan Instagram sebagai katalog digital, mengurangi biaya promosi, kemudahan akses dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Perilaku konsumen dalam menggunakan layanan pemasaran melalui Instagram @kupang_kpopstuff berdasarkan customer path 5A yang terdiri dari Aware; menyadari keberadaan @kupang_kpopstuff, kemudian Appeal; tertarik dan akhirnya mengikuti Instagram @kupang_kpopstuff, selanjutnya Ask; mencari informasi, kemudian konsumen akan Act; membeli atau tidak membeli sampai akhirnya konsumen melakukan Advocate; merekomendasikan kepada orang lain.

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Analisis Media Siber, Instagram, Kupang Korean & Kpop Stuff (@kupang_kpopstuff)


Detail Information

Item Type
Penulis
Anisyah Melani Sabrina - Personal Name
Student ID
1803050017
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Sab K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA