Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran PJBL Dengan Pendekatan Steam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Di Kelas X MIPA 1 SMA Tunas Harapan Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X menggunakan model pembalajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEAM pada materi Lingkungan Hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 September 2022 di SMA Tunas Harapan Kupang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara sikluitas melalui beberapa tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji aktivitas peserta didik, uji kualitas produk, dan tes hasil belajar.
Dari hasil analisis data pada siklus I , rata-rata kelas pada uji aktivitas peserta didik mencapai 3,94 dengan presentase 78,85% dan pada siklus II rata-rata mencapai 4,54 dengan presentase 90,87%. Uji kualitas produk pada siklus I mencapai rata-rata 3,53 dengan presentase 70,6% dan pada siklus II rata-rata mencapai 4 dengan presentase 80%. Pada uji keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I rata-rata mencapai 3,2 dengan presentase 80% dan pada siklus II rata-rata 3,79 dengan presentase 94%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 76,81 dengan presentase 63,6% dan pada siklus II rata-rata meningkat hingga 84,36 dengan presentase 81,8%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEAM berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MACITHA APRILIANI POYCK - Personal Name
|
Student ID |
1801040043
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 POY P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |