Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Tanpa Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMK Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Perbandingan Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Tanpa Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMK Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1. Perbedaan Pembelajaran Menggunakan Media Video Dengan Tanpa Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik SMK Negeri 2 Kupang. 2. Besar Perbandingan Pemebelajaran Menggunakan Medi Video Dengan Tanpa Menggunakan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kupang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dikategorikan sebagai penelitian komparatif yaitu perbandingan penggunaan media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data, diperoleh kesimpulan yaitu: hasil belajar ranah kognitif siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik yang diajar menggunakan media video pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 82,50 dan yang diajarkan tanpa menggunakan media video memiliki rata-rata 75,33. Secara statistik dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dengan menggunakan media video lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan media video. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung> ttabel (3,838 > 1,672), artinya ada perbedaan penerapan pembelajaran menggunakan media video dengan tanpa menggunakan media video. Besar perbandingan berdasarkan hasil uji hipotesis 7,17 % dimana nilai ini didapat dari nilai rata-rata kelas ekspermen (82,50) dikurangi nilai rata-rata kelas kontrol (75,30).
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Video, kognitif siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
SUSANTI NAWARTI - Personal Name
Student ID
1701130032
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ZET YULIUS BAITANU - 197703232005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 NAW P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA