Skripsi
Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Karakter Mandiri Bagi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa orang tua perlu menanamkan nilai karakter mandiri bagi anak pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur, bagaimana proses penanaman nilai karakter mandiri oleh orang tua bagi anak pada masa pandaaemi covid-19 di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perlunya peran orang tua dalam menanamkan nilai karakter mandiri bagi anak pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur, mendeskripsikan proses penanaman nilai karakter mandiri oleh orang tua bagi anak pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa orang tua perlu menanamkan nilai karakter mandiri bagi anak pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur, bagaimana proses penanaman nilai karakter mandiri oleh orang tua bagi anak pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Umalulu, Kecamatan Umalulu, Kab. Sumba Timur.
Penelitian ini menggunaan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan purposive sampling yaitu memperoleh data-data secara tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati dan data yang didapat pada informan yang dirasa paling mengetahui dengan fenomena ini. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk wawancara dengan kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah Orang tua peserta didik kelas VII/A siswa SMP Negeri 1 Umalulu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Nilai karakter mandiri perlu ditanamkan kepada anak, agar anak terbiasa sejak dini untuk tidak bergantung kepada orang lain, dan anak diharapkan mampu mengandalkan kemampuan yang mereka miliki tanpa harus membutuhkan bantuan dari orang lain. 2). Proses penanaman nilai karakter mandiri bagi anak dilaksanakan dengan cara; Pembiasaan, Menjadi contoh/teladan, Membimbing/mendidik, dan memberikan motivasi.
Kata Kunci : Alasan dan Proses penanaman nilai karakter mandiri
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yovita Krisdayanti Nalle - Personal Name
|
Student ID |
1801070049
|
Dosen Pembimbing |
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1 MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Kue S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |