Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Self Efficacy Vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tarus Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Self Efficacy Vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tarus Kabupaten Kupang

XML

Latar Belakang : Pandemi Corona Virus Disease 2019 masih menjadi perhatian hingga saat ini. Virus penyebab COVID-19 dapat terus bermutasi dan menimbulkan varian baru seiring berjalannya waktu. Pemerintah telah mengupayakan berbagai protokol kesehatan diantaranya adalah program vaksinasi nasional, dengan tujuan membentuk herd immunity dalam masyarakat. Vaksinasi dijalankan dengan 2 tahap vaksinasi primer dan vaksinasi dosis tambahan (booster). Berdasarkan data Kemenkes per 19 Januari 2022, Kabupaten Kupang memiliki tingkat vaksinasi paling rendah di Nusa Tenggara Timur. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya efikasi diri atau keyakinan diri masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19. Beberapa hasil survei menunjukkan penolakan dan keraguan masyarakat untuk menerima vaksinasi disebabkan karena kekhawatiran terhadap keamanan dan keefektifan vaksin serta efek samping dari vaksin COVID-19, yang dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap vaksinasi COVID-19.xkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxkxk
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat pengetahuan dengan self efficacy vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tarus Kabupaten Kupang.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Tingkat Pengetahuan Vaksinasi COVID-19 dan Self Efficacy Vaksinasi COVID-19 pada pengunjung Puskesmas Tarus Kabupaten Kupang. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Rank Spearman. Hsdil uji hasil uji has
Hasil : Dari hasil uji menggunakan uji korelasi Rank Spearman, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan self efficacy vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tarus Kabupaten Kupang dengan nilai sig(2-tailed)>0,005.
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan self efficacy vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tarus Kabupaten Kupang.

Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, self efficacy, vaksinasi


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1908010031
Dosen Pembimbing
SANGGUANA M J KOAMESAH - 196110161989031007 - Dosen Pembimbing 1
Prisca Deviani Pakan - 1988 1212 2014 04 2001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sidarta Sagita - 198309232012121004 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Sum H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA