Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Online Dalam Bentuk Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP N 10 Kupang Pada Materi Ekosistem

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Online Dalam Bentuk Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP N 10 Kupang Pada Materi Ekosistem

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2022, di SMPN 10 Kupang yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis online dalam bentuk video dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kelas VII SMPN 10 Kupang pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D). Penelitian pengembangan (R & D) untuk penelitian ini menggunakan prosedur menurut Borg and Gall yang harusnya terdiri dari 10 langkah. Lokasi Penelitian dilakukan di salah satu Studio Takeshi Photoworks di Perumahan Pondok Indah Matani, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian akan dilakukan pada Maret 2022. Alat dan bahan yang akan digunakan dalam penelitian adalah kamera DSLR nicon, tripod, laptop, aplikasi KineMaster, alat tulis komputer, flash, mic, power point, google formulir.
Prosedur Pelaksanaan penelitian pengembangan (R & D), menurut Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari 10 langkah yaitu sebagai berikut: Penelitian dan pengumpulan informasi awal (Research and Informationcollecting), pemilihan sekolah, pemilihan materi, analisis kebutuhan, perencanaan/Planing, pengembangan format produk awal (develop preliminari form of product), uji coba awal (preliminary field testing), revisi produk/Main Product Revision, uji coba lapangan/Main Field Testing, revisi produk/operational product revision, uji coba produk. Subjek validasi terdiri dari validator dan 3 guru mata, dosen validator dosen jurusan pendidikan biologi di FKIP Biologi UNDANA, 3 guru yang mengampu pelajaran IPA kelas VII di SMPN 10 Kupang, sampel uji coba sampel akhir yang akan menjadi uji coba adalah siswa SMPN 10 Kupang, revisi produk akhir/ final product revision, dissemination atau implementasi, Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis statistik deskriptif untuk menjawab masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini meliputi satu kelas yakni kelas VIIA. Jumlah siswa kelas VIIA adalah 24 siswa. Jenis data penelitian adalah deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, lembar validasi (ditujukan kepada ahli yakni dosen pembimbing dan guru), angket siswa, (berisi tentang pertanyaan seputar video pembelajaran yang akan diamati) dan pre test dan post tes siswa (untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi dari video pembelajaran tersebut).
Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan data analisis untuk kelayakan media diperolah persentase kelayakan media adalah 80% dengan kriteria sangat layak, persentase kelayakan materi adalah 85,5% dengan kriteria sangat layak, sedangkan nilai persentase keseluruhan siswa pada uji kelompok kecil adalah sebesar 69,7% dengan kategori layak, sedangkan presentase keseluruhan siswa pada uji kelompok besar presentase kelayakan materi pada media sebesar 90,8% dengan kategori sangat layak. Persentase ketuntasan siswa pada nilai pretest adalah sebesar 93,33% kemudian persentase ketuntasan siswa pada nilai posttest naik dengan peroleh skor sebesar 100%, artinya nilai siswa yang memenuhi standar KKM adalah 15 orang siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pengembangan Media Video Pembelajaran, Ekosistem.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARSEL TAKESAN - Personal Name
Student ID
1701040086
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 TAK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA