Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS Pada Materi Impuls Dan Momentum Di SMA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS Pada Materi Impuls Dan Momentum Di SMA

XML

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran gurubelum membuat LKPD karena keterbatasan waktu, pembelajaran fisika juga hanya berpegang pada buku paket yang masih didominasi soal-soal LOTS. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD yang dapat menunjang pengetahuan peserta didik dan dirancang agar dapat berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS pada materi Impuls dan Momentum,mengetahui kelayakan terhadap pengembangan LKPD berbasis HOTS pada materi Impuls dan Momentum yang telah dikembangkan dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Validasi produk dilakukan oleh 4 validator dengan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media dan penelitian dilaksanakan di SMAS Warta Bakti Kefamenanu, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XIPA2. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Instrumen yang digunakan berupa angket yaitu penilaian untuk mengetahui kualitas LKPD yaitu menggunakan skala likert dengan empat penilaian disusun dalam bentuk cheklist dari nilai terkecil dimulai dari 1 hingga terbesar 4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelayakan LKPD berbasis HOTS yang dinilai oleh ahli desain media yaitu memperoleh presentase 93.17 % dengan kriteria sangat layak, ahli substansi materi yaitu memperoleh presentase 95.32 % dengan kriteria sangat layak, (2) tanggapan peserta didik terhadap LKPD berbasis HOTS memperoleh rata-rata termasuk kategori sangat layak. LKPD diuji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil rata-rata yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil yaitu 91.32 % dan uji coba kelompok besar yaitu 97.94 % termasuk dalam kriteria sangat layak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Higher Order Thingking Skill (HOTS), LKPD, Impuls dan Momentum


Detail Information

Item Type
Penulis
Regina Numa - Personal Name
Student ID
1801050032
Dosen Pembimbing
Kadek Ayu Astiti, S.Pd., M.Pd. - 19880928 201404 2 002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Ketua Penguji
Herry Fridolin Lalus - 198812202018031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Num P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA