Pengaruh Frekuensi Konsumsi Kopi terhadap Peningkatan Kadar Kolesterol pada Pegawai di Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Frekuensi Konsumsi Kopi terhadap Peningkatan Kadar Kolesterol pada Pegawai di Universitas Nusa Cendana

XML

Latar belakang: Masyarakat Indonesia sudah mengetahui bahwa kopi dapat dijadikan sebagai penghilang rasa kantuk dan membuat tubuh selalu siaga. Kopi yang dikonsumsi sesuai takaran akan di dapat manfaat yang begitu besar terhadap kesehatan bagi tubuh. Namun, jika kopi di konsumsi secara berlebihan pasti dapat mengakibatkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh frekuensi konsumsi kopi terhadap peningkatan kadar kolesterol pada pegawai di Universitas Nusa Cendana.
Metode Penelitian: Merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi experiment with control group dengan desain nonequivalent control group pada 54 pegawai Universitas Nusa Cendana. Pengambilan data dilakukan menggunakan food frequency questionnaire dan pemeriksaan kolesterol sebanyak dua kali saat sebelum dan sesudah intervensi menggunakan alat point of care testing.
Hasil: Terdapat peningkatan rerata kadar kolesterol pada kelompok kasus dan berdasarkan hasil analisis wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan antara rerata pre dan post (p=0,036). Sedangkan pada kelompok kontrol terdapat penurunan rerata kadar kolesterol namun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan berdasarkan uji paired t-test (p=0,173). Hasil uji statistik bivariat independent t-test memperoleh hasil p=0,007 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan rerata post test kelompok kasus jika dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh frekuensi konsumsi kopi terhadap peningkatan kadar kolesterol pada pegawai di Universitas Nusa Cendana.

Kata kunci: Kopi, frekuensi konsumsi, kolesterol, pegawai


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1908010041
Dosen Pembimbing
Penguji
Sidarta Sagita, MARS - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Nag P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA