Analisis Pemasaran Biji Kelor Sebagai Hasil Hutan Bukan Kayu Pada Sistem Agroforestry di Desa Oebelo Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pemasaran Biji Kelor Sebagai Hasil Hutan Bukan Kayu Pada Sistem Agroforestry di Desa Oebelo Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemasaran biji Kelor sebagai Hasil Hutan Bukan Kayu Pada Sistem Agroforestry. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Oebelo Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan yang dilakukan selama 1 bulan yaitu dari bulan Juni sampai dengan Juli 2020. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Data diolah dengan menggunakan rumus perhitungan margin pemasaran (M), Farmer’s Share (Fs), keuntungan pemasaran dan R/C Ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budidaya Kelor (Moringa oleifera Lamk.) menggunakan sistem agroforestry dengan pola tanam lorong (Alley cropping) dan pola tanam campuran (mixed cropping) g/tahun dengan total luas lahan 37,5 hektar. Masing-masing petani menjual biji Kelor dengan harga Rp. 25.000/Kg ke pedagang pengumpul di Desa Oebelo, kemudian pedagang pengumpul menjual biji Kelor seharga Rp.30.000/Kg ke konsumen akhir. Sehingga margin pemasarannya adalah Rp.5.000/Kg dengan biaya pemasaran untuk petani adalah Rp.9.810/Kg dan biaya pemasaran untuk pedagang pengumpul adalah Rp.168,10/Kg. Dengan demikian keuntungan yang diperoleh petani adalah Rp. 15.190/Kg dan keuntungan yang didapat pedagang pengumpul adalah Rp. 4.831/Kg. sedangkan farmer’s share nya adalah 83,33%. Secara ekonomi usaha pemasaran Biji Kelor sebagai Hasil Hutan Bukan Kayu pada sistem agroforestry di Desa Oebelo Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan menguntungkan untuk petani karena hasil analisis menunjukkan bahwa R/C Ratio lebih dari satu yaitu 1,54. sedangkan untuk pedagang pengumpul tidak menguntungkan karena karena R/C Ratio menunjukkan angka <1 ialah 0,28.Kata kunci: Agroforestry, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Keuntungan Pemasaran, Kelor (Moringa oleifera Lamk.


Detail Information

Item Type
Penulis
Friska Sempau - Personal Name
Student ID
1604070006
Dosen Pembimbing
DAMIANUS ADAR - 196501131991031002 - Dosen Pembimbing 1
ASTIN ELISE MAU - 198708072015042002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Adar - 196501131991031002 - Ketua Penguji
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 1
Nixon Rammang - 198009202006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan, Faperta
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 Sem A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA