Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Tipe Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI RPL Di SMK Negeri 6 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak kelas XI RPL di SMK Negeri 6 Kupang 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroomterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak kelas XI RPL di SMK Negeri 6 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan Quasi Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesi dengan analisis regeresi sederhana dengan analisis uji independent sampel t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Blended learning tipe flipped classroom berpengaruh sebesar 68.5% dan t_hitung>t_tabel (4.731> 2.048) dan P value< α sebesar (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran Blended Learning tipe flipped classroom terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabelmodel pembelajaran konvensionalberpengaruh sebesar 45.1% dengan nilai t_hitung>t_tabel (4.211> 2.048 ) P value< α sebesar (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran Blended Learning tipe flipped classroomterhadap hasil belajar. Untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh model pembelajaran Blended learning tipe flipped classroomterhadap hasil belajar siswa dapat dapat dilihat dari hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa selisih antara kedua model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 23.4%. Sehingga dari hasil pengujian Independent Sample T-Test maka diperoleh t_hitung= 7.311 dan didapatkan nilai t_tabel= 2.001 dengan df = 58, karena Nilai t_hitung>t_tabel(7.311>2.001) dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00<0,05 maka terdapat perbedaan antara model pembelajaran Blended learning tipe flipped classroom dan model pembelajaran konvensionalterhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci:Model Pembelajaran Blended Learning tipe flipped classroom, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
CHRISLI MARTINI EKAWATI BETTY - Personal Name
|
Student ID |
1601130051
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1 Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.01 BET P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |