Kemampuan Guru Ppkn Dalam Mengimplementasi Nilai Sila Ke-4 Pancasila Pada Pembelajaran Ppkn Di Smp Negeri 10 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Guru Ppkn Dalam Mengimplementasi Nilai Sila Ke-4 Pancasila Pada Pembelajaran Ppkn Di Smp Negeri 10 Kota Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan kemampuan guru PPKn mengimplementasi nilai Sila ke-4 Pancasila pada Pembelajaran PPKn di sekolah SMP Negeri 10 Kota Kupang, untuk Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Guru PPKn dalam mengimplementasi Nilai Sila ke-4 Pancasila pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Kota Kupang, untuk Mendeskripsikan upaya mengatasi faktor penghambat guru PPKn dalam mengimplementasi nilai Sila ke-4 Pancasila pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis dan lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru PPKn SMP Negeri 10 Kota Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukan beberapa hal sebagai berikut: 1) Kemampuan yang dimiliki guru PPKn di SMP Negeri 10 Kota Kupang yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional dengan pencapaian rata-rata penskoran 3 dengan kriteria Baik. dan guru juga mampu memberikan arahan dan motivasi kepada peserta didik mengamalkan nilai sila ke-4 Pancasila “Kerakyatan Yang di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan” pada pembelajaran PPKn di sekolah SMP Negeri 10 Kota Kupang. 2) faktor pendukungnya berupa buku cetak mata pelajaran PPKn,media massa seperti artikel, google,motivasi dari Guru dan adanya dukungan dari Kepala sekolah maupun sekolah dalam mengamalkan nilai sila ke-4 Pancasila Serta faktor penghambatnya kurangnya sarana dan prasarana daei sekolah, karakter peserta didik yang nakal yang membuat guru sulit mengarakan siswa dalam mengimplementasikan nilai pancasila dan juga keterbatasan jam pelajaran PPKn. 3) upayanya guru memberikan motivasi pada saat pembelajaran PPKn tentang pentingnya menanamkan nilai pancasila dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia disekolah serta memanfaatkan atau memanajemenkan waktu pelajaran PPKn dengan baik.
Kata kunci: kemampuan Guru, nilai sila ke-4 Pancasila


Detail Information

Item Type
Penulis
Marselina N. B Jelamat - Personal Name
Student ID
1901070066
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
MAKARIUS E BRIA - 199208112020121016 - Penguji 1
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Jel K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA