PENGEMBANGAN SCRAPBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII DI SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN SCRAPBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII DI SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

XML

Pengembangan Scrapbook sebagai media pembelajaran pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk kelas XII MIPA SMAN 1 Kupang Tengah, bertujuan untuk menganalisis validitas produk pengembangan scrapbook sebagai media pembelajaran pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kupang Tengah pada bulan april sampai mei 2022.
Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahap model pengembangan ini meliputi 1. Tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. 2. Tahap design, tahap perancangan desain media pembelajaran scrapbook yang akan dikembangkan. 3. Tahap development, dilakukan oleh validator media dan validator materi kemudian dilakukan revisi untuk perbaikan produk. 4. Tahap Implementation, dilakukan dengan mengujicobakan media pembelajaran scrapbook pada peserta didik. Sedangkan respon peserta didik akan dinilai oleh siswa SMA Negeri 1 Kupang Tengah yaitu uji coba skala terbatas dengan 10 orang peserta didik. 5. Tahap evaluation, dilakukan setelah melakukan tahap ujicoba produk, produk akan diukur kembali berdasarkan angket respon peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, nilai validitas dari ahli materi yaitu sebesar 83%. Nilai validasi dari ahli media pembelajaran sebesar 84% dan masuk dalam kategori “sangat layak”. Hasill tanggapan respon peserta didik juga dinyatakan “sangat layak” dengan presentase 95%, sehingga disimpulkan bahwa pengembangan scrapbook sebagai media pembelajaran di kelas XII SMA Negeri 1 Kupang Tengah sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Scrapbook, Pertumbuhan dan Perkembangan


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA LAVENIA KOU - Personal Name
Student ID
1701040081
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN BIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 KOU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA