Skripsi
Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Melalui Aplikasi Shopee (Studi Pada Pelanggan Di Kelurahan Airmata Kota Kupang)
XMLMuhammad F. Thalib, Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Melalui Aplikasi Shopee (Studi Pada Pelanggan di Kelurahan Airmata) (di bawah bimbingan Khalid Kasim Moenardy dan Anthonius B. Mesakh)
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahu presepsi pelanggan tentang kepercayaan dan kepuasan terhadap keputusan pembelian ulang produk melalui aplikasi shopee (2) untuk megetahui apakah kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk melalui aplikasi Shopee (3) untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk melalui aplikasi Shopee (4) untuk mengetahui apakah kepercayaan dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang produk melalui aplikasi Shopee, dan manfaat dari penelitian ini adalah memperkarya ilmu pengetahuan mengenai kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di pilih sampel sebanyak 95 responden di Kelurahan Airmata. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS 26.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kepercayaan berada pada kategori sangat tinggi (4,38), kepuasan berada pada kategori sangat tinggi (4,37), dan keputusan pembelian ulang berada pada kategori tinggi (4,38). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa hasil dari uji t variabel kepercayaan (X1) thitung sebesar 4,280, sedangkan ttabel sebesar 1,661, maka hasilnya thitung (4,280) > ttabel (1,661). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis pertama berbunyi kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Hasil dari uji t variabel kepuasan konsumen (X2) thitung sebesar 2,362, sedangkan ttabel diketahui sebesar 1,661, maka hasilnya thitung (2,362) > ttabel (1,661). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis kedua berbunyi kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Hasil dari uji F yang menunjukkan nilai Fhitung (17,227) > Ftabel sebesar (3,10). Dengan demikian hipotesis ketiga pada penelitian ini berbunyi variabel kepercayaan dan kepuasan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Berdasarkan Adjust R squer menunjukkan kontribusi variabel kepercayaan dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian ulang sebesar 57,6%. Sedangkan 42,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar fokus penelitian ini. Dari hasil analisis tersebut, pihak Shopee diharapkan untuk selalu mempertahankan kepercayaan dan kepuasan terhadap keputusan pembelian ulang produk di Aplikasi Shopee sehingga pelanggan akan terus melakukan pembelian ulang.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian Ulang.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Muhammad Fauzi Thalib - Personal Name
|
Student ID |
1703020113
|
Dosen Pembimbing |
Khalid K. Moenardy - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Thomas Welfrit Andrias Isliko - 196011181987021001 - Ketua Penguji
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 1 Abas Kasim - 196004141988031008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 Lib P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |