Kepatuhan Masyarakat Dalam Pengurusan Akta Kelahiran Di Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu (Studi Kasus Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Atambua)

Detail Cantuman

Skripsi

Kepatuhan Masyarakat Dalam Pengurusan Akta Kelahiran Di Kecamatan Atambua Selatan Kabupaten Belu (Studi Kasus Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Atambua)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kepatuhan Masyarakat DalamKepengurusan Akta Kelahiran di Kecamatan Atambua Kabupaten Belu (Study Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Atambua). Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pengembangan fakta-fakta di lapangan. Pengambilan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan berjumblah 12 orang. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepatuhan masyarakat Kecamatan Atambua Selatan masih di ranah penerimaan yaitu individu melakukan sesuatu atas permintaan orang lain yang diakui otoritasnya seperti masyarakat pada umumnya melakukan pengurusan akta kelahiran karena sebagai persyaratan untuk masuk sekolah dan kelengkapan administrasi lainnya. Kepatuhan masyarakat belum sampai pada tingkat yang paling tinggi yaitu ketaatan karena kurangnya kedasaran, pengetahuan dari masyarakat, dan minimnya sosialisasi dari Dinas Pencatatan Sipil dan Penduduk mengenai manfaat memiliki akta kelahiran.Implikasi penelitian diharapkan agar Sebaiknya Kecamatan Atambua Selatan danpihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Atambua memberikan pelayanan yang murah, cepat dan ramah dan tidak bertele-tele agar masyarakat tidak malas untuk mengurus akta kelahirannya dan Seharusnya masyarakat menyadari bahwa akta kelahiran itu tidak hanya sebatas persyaratan untuk mendaftar kesekolah. Tapi lebih luas dari pada itu,yaitu sebagai identitas diri yang diakui oleh Negara, kepastian hukum yang melindungi anak-anak Indonesia dari tindakan kriminal seperti kekerasan terhadap anak, yang apabila tidak ada maka keberadaannya tidak dianggap oleh Negara. Dengan pemahaman yang seperti itu, maka masyarakat akan lebih termotivasi untuk mengurus akta kelahirannya


Detail Information

Item Type
Penulis
KAROLINA TEKE - Personal Name
Student ID
1703010214
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Jeny Jacoba Therik - 196206061988032003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Tek K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA