Pengembangan Media Ajar Berbentuk Komik Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 6 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Ajar Berbentuk Komik Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 6 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berbentuk komik dalam meningkatkan minat baca pada materi sistem ekskresi pada manusia kelas XI di SMA Negeri 6 Kupang yang telah dikembangkan.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4 – D Menurut Thiagraja yang meliputi
tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Kevalidan media ajar berbentuk komik diukur dari hasil validasi oleh Ahli instrument, Ahli Media, dan Ahli Materi. Instrumen data dalam penelitian ini mencakup angket respon guru biologi, angket respon siswa terhadap media ajar komik dan angket minat siswa pada media ajar komik. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian siswa SMA Negeri 6 Kupang kelas XI IPA dengan jumlah 7 orang siswa skala kecil dan 25 orang siswa dalam skala besar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media ajar berbentuk komik mampu meningkatkan minat baca pada peserta didik yaitu dari 55 % menjadi 97, 25% dan termasuk dalam kategori sangat kuat. hasil validasi diatas diperoleh persentase rata – rata dari hasil validasi ahli kelayakan media ajar komik 3,89 dikategorikan valid dengan persentase 97, 25% kuat dan kategorikan layak, validasi ahli kepraktisan media ajar komik 3, 62 dengan kategori valid dengan persentase 90,5% sangat kuat dan dikategorikann sangat layak, validasi ahli kelayakan materi media ajar komik 3,95 dengan kategori sangat valid dengan persentase 98,75% dikategorikan sangat kuat dan layak digunakan. angket respon guru biologi 3,95 dengan kategori sangat baik dengan persentase 98,75% dengan kriteria sangat kuat, angket respon siswa skala kecil 3,70 dengan kategori sangat layak dengan persentase 92, 05% dengan kritria sangat kuat dan angket minat baca siswa skala besar 3,86 dengan kategori sangat layak dengan persentase 96,5 % dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan hasil penilian ahli media, ahli materi, ahli instrument dan angket respon siswa maka dapat dikatakan penilain termasuk dalam kategori tinggi atau media komik sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan minat baca pada peserta didik.



Kata Kunci: Komik, Media Ajar, Minat Baca


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701040045
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN BIOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 MES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA