Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Tentang Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdk Oenopu

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Tentang Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdk Oenopu

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk megetahui hasil belajar dalam penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) tentang Keberagaman Budaya Bangsaku dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDK Oenopu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan studi dokumentasi, teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 20 orang dengan rincian 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.Penelitian ini diadakan di SDK Oenopu Kabupaten Timor Tengah Utara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 20 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus I yakni 8 orang (40%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diajukan, tidak membuat keributan pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan dapat mengerjakan soal dengan benar atau tepat. Sedangkan 12 orang lainnya dari 20 subjek (60%) belum mencapai standar ketuntasan dikerenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami pelajaran serta hasil tesnya rendah. Selanjutnya siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 20 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan persentase 100% dikarenakan siswa sudah memahami pembelajaran secara baik, memusatkan perhatian saat pemebalajaran, aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kela IV SDK Oenopu Kabupaten Timor Tengah Utara. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukkan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Keberagaman Budaya, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA VIANY CUNINO - Personal Name
Student ID
1701140035
Dosen Pembimbing
Martha K. Kota S. Pd., M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvester Taneo - - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 INO P
Copyright
UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA