Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Akibat Kegiatan Komersial di Jalan Frans Lebu Raya Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Akibat Kegiatan Komersial di Jalan Frans Lebu Raya Kota Kupang

XML

Jalan merupakan sarana transportasi darat yang sangat penting bagi masyarakat untuk menghubungkan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Seiring berkembangnya dunia transportasi, dan banyaknya jumlah kendaraan menimbulkan berbagai macam permasalahan yang menyebabkan menurunnya kinerja ruas jalan. Permasalahan yang terjadi di ruas jalan Frans Lebu Raya Kota Kupang adalah banyaknya hambatan samping, akibat aktivitas komersial yang menyebabkan menurunnya kinerja dari ruas jalan tersebut. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui besar kinerja ruas jalan dan pengaruh kegiatan komersial terhadap kinerja ruas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dan analisis kinerja ruas jalan disesuaikan dengan menggunakan PKJI 2014 sebagai pedoman. Hasil analisis kinerja ruas jalan sebelum dan sesudah perbaikan pada hari normal menyatakan terjadi peningkatan volume kendaraan dan derajat kejenuhan yang terjadi pada jam puncak yaitu dari 1598,10 skr/jam menjadi 1804,30 skr/jam dan derajat kejenuhan dari 0,82 dengan tingkat pelayanan D menjadi 0,64 dengan tingkat pelayanan C yang artinya terjadi peningkatan kinerja ruas sebesar 0,18. Sedangkan pada akhir pekan juga menyatakan terjadi peningkatan volume kendaraan dan derajat kejenuhan yang terjadi pada jam puncak yaitu dari 1666,32 skr/jam menjadi 1904,85 skr/jam dan derajat kejenuhan dari 0,85 dengan tingkat pelayanan E menjadi 0,67 dengan tingkat pelayanan C yang artinya terjadi peningkatan kinerja ruas sebesar 0,18. Perbedaan pengaruh aktivitas komersial yaitu jumlah pengunjung, jumlah pengunjung yang membawa kendaraan dan jumlah kendaraan parkir badan jalan terhadap volume kendaraan pada kedua hari pengambilan data ditunjukkan dengan nilai R square (R2) yakni pada hari normal (weekdays) sebesar 0,996 atau 99,6%. Dan pada akhir pekan (weekend) sebesar 0,997 atau 99,7% yang menunjukkan bahwa terdapat sumbangan pengaruh yang kuat dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Bentuk model persamaan tingkat pelayanan diambil yang terbesar yaitu pada akhir pekan (weekend) yang memiliki model matematis (Y) = 822,712 + 3,616X1 + 2,823X2 – 3,150X3 dimana Y merupakan volume kendaraan, X1 merupakan jumlah pengunjung, X2 merupakan jumlah pengunjung yang membawa kendaraan dan X3 merupakan jumlah kendaraan parkir badan jalan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Christian Benyamin Letik - Personal Name
Student ID
1706010091
Dosen Pembimbing
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
JOHN H. FRANS - - Ketua Penguji
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Penguji 1
Andi Hidayat Rizal - 196112221989031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Let E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA