Skripsi
Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Akibat Kegiatan Komersial di Jalan Frans Lebu Raya Kota Kupang
XMLJalan merupakan sarana transportasi darat yang sangat penting bagi masyarakat untuk menghubungkan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Seiring berkembangnya dunia transportasi, dan banyaknya jumlah kendaraan menimbulkan berbagai macam permasalahan yang menyebabkan menurunnya kinerja ruas jalan. Permasalahan yang terjadi di ruas jalan Frans Lebu Raya Kota Kupang adalah banyaknya hambatan samping, akibat aktivitas komersial yang menyebabkan menurunnya kinerja dari ruas jalan tersebut. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui besar kinerja ruas jalan dan pengaruh kegiatan komersial terhadap kinerja ruas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dan analisis kinerja ruas jalan disesuaikan dengan menggunakan PKJI 2014 sebagai pedoman. Hasil analisis kinerja ruas jalan sebelum dan sesudah perbaikan pada hari normal menyatakan terjadi peningkatan volume kendaraan dan derajat kejenuhan yang terjadi pada jam puncak yaitu dari 1598,10 skr/jam menjadi 1804,30 skr/jam dan derajat kejenuhan dari 0,82 dengan tingkat pelayanan D menjadi 0,64 dengan tingkat pelayanan C yang artinya terjadi peningkatan kinerja ruas sebesar 0,18. Sedangkan pada akhir pekan juga menyatakan terjadi peningkatan volume kendaraan dan derajat kejenuhan yang terjadi pada jam puncak yaitu dari 1666,32 skr/jam menjadi 1904,85 skr/jam dan derajat kejenuhan dari 0,85 dengan tingkat pelayanan E menjadi 0,67 dengan tingkat pelayanan C yang artinya terjadi peningkatan kinerja ruas sebesar 0,18. Perbedaan pengaruh aktivitas komersial yaitu jumlah pengunjung, jumlah pengunjung yang membawa kendaraan dan jumlah kendaraan parkir badan jalan terhadap volume kendaraan pada kedua hari pengambilan data ditunjukkan dengan nilai R square (R2) yakni pada hari normal (weekdays) sebesar 0,996 atau 99,6%. Dan pada akhir pekan (weekend) sebesar 0,997 atau 99,7% yang menunjukkan bahwa terdapat sumbangan pengaruh yang kuat dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Bentuk model persamaan tingkat pelayanan diambil yang terbesar yaitu pada akhir pekan (weekend) yang memiliki model matematis (Y) = 822,712 + 3,616X1 + 2,823X2 – 3,150X3 dimana Y merupakan volume kendaraan, X1 merupakan jumlah pengunjung, X2 merupakan jumlah pengunjung yang membawa kendaraan dan X3 merupakan jumlah kendaraan parkir badan jalan.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Christian Benyamin Letik - Personal Name
|
Student ID |
1706010091
|
Dosen Pembimbing |
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
JOHN H. FRANS - - Ketua Penguji
Ruslan Ramang - 195901091986031001 - Penguji 1 Andi Hidayat Rizal - 196112221989031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Teknik Sipil
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
222.01 Let E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |