Dampak Game Online Terhadap Perubahan Interaksi Sosial Remaja (Studi Tentang Dampak Game Online Terhadap Perubahan Interaksi Remaja Yang Berusia 15-17 Tahun Di RT/RW 25/06 Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang).

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Game Online Terhadap Perubahan Interaksi Sosial Remaja (Studi Tentang Dampak Game Online Terhadap Perubahan Interaksi Remaja Yang Berusia 15-17 Tahun Di RT/RW 25/06 Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang).

XML

Penelitian ini berjudul “Dampak Game Online Terhadap Perubahan Interaksi Remaja” di RT/RW 25/06 Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Masalah ini adalah bagaimana dampak dari berlebihan bermain game online terhadap perubahan interaksi yang terjadi pada remaja di RT/RW 25/06 Kelurahan Liliba. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa dampak dari berlebihan bermain game online yang terjadi di dalamnya termasuk interaksi para remaja dengan sesama remaja, dengan orang tua, dan dengan lingkungan sosial disekitarnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif pada informan di lapangan yang menghasilkan data secara deskriptif yakni gambaran tentang dampak bermain game online pada kalangan remaja yang terjadi di RT/RW 25/06 kelurahan Liliba terhadap pengalaman interaksi para remaja. Penentuan informan secara purposive sampling yaitu atas dasar penelitian bahwa para informan yang mengetahui secara baik permasalahan yang diteliti, dengan informan yang dipiih berjumlah 11 orang. Data diperoleh dengan observasi, wawancara dengan informan serta studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam pisau analisis yaitu teori Lemmens Valkenburg and Peter. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak berlebihan bermain game online ini secara langsung telah membentuk perubahan interaksi baik antara sesama remaja, orang tua dan lingkungan sosial disekitarnya seperti kurangnya komunikasi secara langsung, kurangnya pergaulan, jarangnya melakukan aktifitas remaja seperti biasa dan lain-lain. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah remaja pada lingkungan ini mengalami gangguan kontrol atas dirinya dan waktunya dimana remaja tidak dapat membedakan waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain. Selain itu remaja mengalami konflik dengan orangtua dan saudara-saudara dari remaja sehingga remaja menanggapi konflik tersebut dengan munculnya perilaku agresif, hal ini terjadi karena game online yang sering dimainkan remaja menyuguhkan berbagai konten kekerasan. Game online sendiri mampu membuat hubungan remaja dengan orang-orang disekitar menjadi renggang akibat waktu kebersamaan mereka menjadi berkurang. Saran dari penelitian ini adalah bagi para remaja agar lebih mengedepankan setiap tugas dan tanggung jawabnya, bagi orangtua agar lebih memperhatikan dan mengontrol anaknya dalam pemakaian game online. bagi masyarakat umum agar lebih memperhatiakan dan lebih peduli terhadap pendidikan anak Indonesia


Detail Information

Item Type
Penulis
GERGORIUS TEMU RENDU - Personal Name
Student ID
1703030106
Dosen Pembimbing
LENNY SOFIA BIRE MANOE - 198009152005012003 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Lenny Sofia Bire Manoe - 198009152005012003 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 REN D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA