Pola Relasi Aktor Informal Dan Formal Dalam Pengelolaan Desa Wisata Wae Rebo (Studi Kasus Terhadap Lembaga Pelestari Budaya Wae Rebo, Pemerintah Desa Satar Lenda-Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan di Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Relasi Aktor Informal Dan Formal Dalam Pengelolaan Desa Wisata Wae Rebo (Studi Kasus Terhadap Lembaga Pelestari Budaya Wae Rebo, Pemerintah Desa Satar Lenda-Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan di Kabupaten Manggarai)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku institusi dan implikasinya dalam demokrasi lokal. Studi ini mengangkat pola relasi aktor informal dan aktor formal dalam pengelolaan desa wisata wae rebo. lebih jauh penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana relasi antar aktor terbentuk, tipologi relasi, serta tujuan relasi antar aktor. penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak ekonomi yang dirasakan langsung oleh masyarakat wae rebo dan masyarakat desa satar lenda pada umumnya sebagai implikasi dari pengelolaan desa wisata wae rebo. Studi ini meminjam konsep Helmke dan levitsky tentang relasi antara institusi informal dan institusi formal. aktor informal yang dimaksud peneliti adalah Lembaga Pelestari Budaya Wae Rebo sedangkan aktor formal yang dimaksud peneliti adalah Pemerintah Desa Satar Lenda Dan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai. Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi antara Lembaga Pelestari Budaya Wae Rebo dengan Pemerintah Desa Satar Lenda membentuk kontur kekuasaan yang tidak seimbang. Dimana Lembaga Pelestari Budaya Wae Rebo menjadi aktor dominan dalam pengelolaan desa wisata wae rebo. hal ini dipengaruhi oleh kurang efektifnya Pemerintah Desa Satar Lenda dalam pengelolaan desa wisata wae rebo. tipologi relasi yang terbentuk adalah substitutive dan competting. Sedangkan relasi antara Lembaga Pelestari Budaya Wae Rebo dengan Dinas Pariwisisata Dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai menciptakan pola relasi yang bersifat complementary dan accommodating.

Kata Kunci : Relasi Aktor, Pengelolaan, Desa Wisata Wae Rebo


Detail Information

Item Type
Penulis
GERARDUS MAYELLA RAMBAK - Personal Name
Student ID
1803040045
Dosen Pembimbing
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Rudi Rohi - 197709142008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 RAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA