Skripsi
Penggunaan Media Video Pembelajaran Oleh Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Materi Ham Kelas Xi Sma Negeri 1 Amanuban Tengah
XMLDidok, Swinglivan. 2022. Penggunaan Media Video Pembelajaran Oleh Guru PPKn dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Materi HAM Kelas XI SMA Negeri 1 Amanuban Tengah. (Dr. Dorcas Langgar, M.Pd sebagai Pembimbing I Dan Dorkas Y. A. Kale, S.Pd., M.Pd, sebagai pembimbing II)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran PPKn siswa SMA Negeri 1 Amanuban Tengah?.Bagaimana partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amanuban Tengah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amanuban Tengah.Untuk mendeskripsikan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Amanuban Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, mengamati, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder
yang diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami.penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru PPKn dan siswa-siswi kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Amanuban Tengah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media video dalam pembelajaran merupakan media yang digunakan dalam menunjang pembelajaran dalam kelas, meningkatkan partisipasi belajar, semangat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Guru sebagai motivator, fasilitator, dan mediator yang artinya menyiapkan, dan memotivasi siswa untuk belajar secara aktif serta memudahkan peserta didik dalam memahami dan mengerti penjelasan dalam topik materi yang disiapkan oleh guru mata pelajaran. Hal ini media video sangatlah membantu seorang guru dalam memberikan
materi serta penjelasan kepada peserta didik, sehingga dalam media video tersebut bersifat rangkuman materi yang dibuat dalam bentuk yang lebih sedikit. Guru PPKn tentunya mampu mengatasi hal tersebut seperti melakukan pendekatan dan kerja sama yang baik antara guru dengan peserta didik.
Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Partisipasi Peserta didik, Pembelajaran PPKn
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Swinglivan Petrus Didok - Personal Name
|
Student ID |
1801070028
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
MARIA L BRIBIN - 199305132019032025 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1 DORKAS Y A KALE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 dok P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |