Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Desa Di Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Desa Di Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya

XML

ABSTRAK
Bertolomeus Malo Nono. 2022. Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Desa Di Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya. Jurusan Administrasi Negara, Fisip, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Dr. Hendrik Toda, S.Sos, M.Si dan Pembimbing (II) Cataryn V. Adam, S.Sos., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana partisipasi perempuan dalam pembangunan di Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi partisipasi perempuan dalam pembangunan di Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di laksanakan di Desa Laga Lete Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya. Informan dalam penelitian berjumlah 16 orang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu: data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Partisipasiperempuandalampembangunan di Desa Laga Lete yaitu Partisipasi Perempuan Dalam Bidang Sosial adanya gerakan kelompok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK), kelompok koperasi dan arisan-arisan lainnya. Selain itu, dalam bidang pendidikan dan kesehatan bahwa pendidikan perempuan rata-rata hanya tamatan SD, sehingga kurangnya pengetahuan atau wawasan perempuan dalam mengembangkan pembangunan desa dan dalam bidang kesehatan peran perempuan di Desa Laga Lete yaitu adanya kegiatan posyandu lansia (lanjut usia) yang diadakan setiap bulan tanggal 8. (2) Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Perempuan Dalam Pembangunan Di Desa Laga Leteyaitu adanya kesadaran/kemauan perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan di desa Laga Lete, faktor usia menunjukkan golongan tua dianggap lebih berpengalaman dalam memberikan p endapat baik berupa masukan, saran dan dalam hal menetapkan keputusan, faktor jenis kelamin perihal perempuan Desa Laga Lete yang dinilai masih minim pengalaman dalam pembangunan karena terbatasnya akses perempuan untuk menduduki struktur dalam pembangunan desa, faktor pendidikan perempuan hanya tamatan SD dan pekerjaan atau penghasilan menunjukkan tingkat ekonomi keluarga masih rendah dan mengharuskan perempuan untuk membantu suami bekerja yang berakibat pada tidak tersedianya waktu untuk aktif atau mengikuti kegiatan yang ada dalam pembangunan di desa.

Kata Kunci : Peran Perempuan Dalam Pembangunan Desa


Detail Information

Item Type
Penulis
BERTOLOMEUS MALO NONO - Personal Name
Student ID
1734010034
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulus Nd L T Ratoebandjoe - 195711241988031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
FAKULATAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 ONO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA