Peran Partai Politik Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Masyarakat (Studi pada Partai Golongan Karya Kabupaten Lembata)

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Partai Politik Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik Masyarakat (Studi pada Partai Golongan Karya Kabupaten Lembata)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mendalami peran partai Golkar dalam melaksanakan pendidikan politik terhadap masyarakat Kabupaten Lembata serta untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami partai Golkar dalam melaksanakan pendidikan politik masyarakat. Teori yang digunakan adalah teori peran (role theory) yang dikemukakan oleh Sarjono Soekanto dengan indikator yang meliputi: peran aktif, peran partisipatif, dan peran pasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancra, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, peran aktif, dalam melaksanakan pendidikan politik peran aktif yang dilakukan partai Golkar yakni sosialisasi terkait wawasan kebangsaan, pentingnya partisipasi politik dan edukasi terkait bahaya politik uang. Kedua, peran partisipatif, berpartisipasi pada ajang pesta demokrasi sebagai peserta pemilu dan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat dengan memberikan dukungan moril maupun materil serta memberikan bantuan terhadap korban bencana dan masyarakat yang mendapatkan musibah. Ketiga, Peran pasif, partai Golkar diketahui selalu berperan aktif dan partisipatif dan tidak berperan pasif dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai partai politik.

Kata Kunci: Peran, Partai Golongan Karya, Pendidikan Politik, dan Masyarakat.


Detail Information

Item Type
Penulis
Aldin Lalang Laibeteq - Personal Name
Student ID
1703040056
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr.Ahmad Atang.,M.Si - - Ketua Penguji
ESRAH D.N.A BENU,S.Sos, MA - - Penguji 1
Frans B.Ricky Humau,S.IP.,MIP - 19910106201903008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Lai P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA