Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecakapan Abad 21 Peserta Didik Sd Inpres Oelmasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Tesis

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecakapan Abad 21 Peserta Didik Sd Inpres Oelmasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang

XML

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang mengamati pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VA sebagai kelas eksperimen (23orang) dan VB (24orang) sebagai kelas kontrol SD Inpres Oelamasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2022, Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran tersebut terhadap 4 aspek kecakapan abad 21 peserta didik yakni critical thinking (berpikir kritis), collaboration (kolaborasi), communication (komunikasi), dan creativity (kreativitas).
Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 35,07%, di kelas eksperimen lebih baik yakni sebesar 91,67% daripada kelas kontrol yang hanya sebesar 56,60%. Kemampuan berkolaborasi dengan nilai signifikansi sebesar 21,53% dengan capaian 100% di kelas eksperimen dan 78,47% di kelas kontrol. Pada kemampuan berkomunikasi dengan nilai signifikansi sebesar 25,67% dengan capaian sebesar 94,00% di kelas eksperimen dan 68,49% di kelas kontrol. Sedangkan penerapan Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berkreasi dengan nilai signifikansi sebesar 25,67% yakni di kelas eksperimen mencapai 90,17% dan di kelas kontrol hanya mencapai 64,50.

Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kecakapan Abad 21


Detail Information

Item Type
Penulis
Mery Constantiana Lola - Personal Name
Student ID
2011060004
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Hamza H. Wulakada - 198107032009121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87120
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ips
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
871.20 LOL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA