Tesis
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecakapan Abad 21 Peserta Didik Sd Inpres Oelmasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang
XMLPenelitian ini adalah penelitian eksperimen yang mengamati pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VA sebagai kelas eksperimen (23orang) dan VB (24orang) sebagai kelas kontrol SD Inpres Oelamasi Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang yang dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2022, Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran tersebut terhadap 4 aspek kecakapan abad 21 peserta didik yakni critical thinking (berpikir kritis), collaboration (kolaborasi), communication (komunikasi), dan creativity (kreativitas).
Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 35,07%, di kelas eksperimen lebih baik yakni sebesar 91,67% daripada kelas kontrol yang hanya sebesar 56,60%. Kemampuan berkolaborasi dengan nilai signifikansi sebesar 21,53% dengan capaian 100% di kelas eksperimen dan 78,47% di kelas kontrol. Pada kemampuan berkomunikasi dengan nilai signifikansi sebesar 25,67% dengan capaian sebesar 94,00% di kelas eksperimen dan 68,49% di kelas kontrol. Sedangkan penerapan Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berkreasi dengan nilai signifikansi sebesar 25,67% yakni di kelas eksperimen mencapai 90,17% dan di kelas kontrol hanya mencapai 64,50.
Kata kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kecakapan Abad 21
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Mery Constantiana Lola - Personal Name
|
Student ID |
2011060004
|
Dosen Pembimbing |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Hamza H. Wulakada - 198107032009121002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87120
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ips
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
871.20 LOL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |