Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Kupang Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Perubahan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Kupang Timur

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Audio Visual pada materi perubahan lingkungan di kelas X. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kupang Timur, pada tanggal 30 September 2022 sampai tanggal 06 Oktober 2022. Penelitian dan pengembangan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan dikelas X SMA Negeri 1 Kupang Timur, menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahapan utama yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian ini berlansung pada tanggal 30 september 2022 sampai 06 oktober 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan dampak pembelajaran yang aktif menggunakan media audio visual terhadap siswa dan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media audio visual pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Kupang Timur.Bahan ajar divalidasi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. kelayakan bahan ajar dinilai oleh 2 orang guru biologi, 8 orang peserta didik dalam uji coba kelompok kecil dan 31 orang peserta didik dalam uji kelompok besar. Hasil penelitian ahli media dan ahli materi terhadap kelayakan media yaitu media Audio Visual memiliki kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 3,8% untuk ahli media dan 3,8% untuk ahli materi. Pada uji kelas kecil, hasil respon siswa dan guru adalah media memiliki kriteria “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan siswa sebesar 3,8% dan persentase kelayakan guru sebesar 3,85%. Pada uji kelas besar, diperoleh persentase respon siswa sebesar 3,91% dengan kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media Audio Visual layak digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil efektevitas media berdasarkan uji t-test pada nilai pretest dan nilai posttest diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000. Nilai tersebut < 0,05, artinya terdapat perbedaan secara signifikan yang menunjukkan bahwa media Audio Visual pengaruh meningkatkan hasil belajar siswa kelas X sebelum menggunakan media pembelajaran Audio Visual dan sesudah menggunakan media Audio Visual.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Audio Visual, Materi Perubahan Lingkungan


Detail Information

Item Type
Penulis
BERLIAN W.M.O KAPITAN - Personal Name
Student ID
1801040016
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 KAP P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA