Skripsi
Analisis Miskonsepsi Siswa Dan Alternatif Remediasinya Pada Konsep Suhu Dan Kalor
XMLPenelitian ini bertujuan menganalisis miskonsepsi siswa pada konsep suhu dan kalor kemudian menentukan alternatif remediasi miskonsepsi tersebut. Jenis penelitian ini ialah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengkaji sebelas jurnal nasional hasil identifikasi miskonsepsi suhu dan kalor, pemuaian, kalor laten, Asas black,dan perpindahan kalor. Pada konsep suhu dan kalor, miskonsepsi yang biasanya terjadi adalah siswa menganggap suhu dan kalor merupakan dua hal yang sama. Pada konsep pemuaian, miskonsepsi yang biasanya terjadi adalah diameter benda mengecil saat memuai. Pada konsep perpindahan kalor, siswa mendefinisikan bahwa penggaris besi akan menyimpsan kalor atau menyerap suhu yang lebih baik daripada penggaris kayu. Miskonsepsi demikian diatasi dengan pendekatan pembelajaran yang efektif. Alternatif remediasi miskonsepsi yang efektif ialah dengan menggunakan model pembelajaran Mindscaping. model pembelajaran ini terbukti mereduksi miskonsepsi siswa.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Suhu dan Kalor, Remediasi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MAXIMILIAN KAPUL - Personal Name
|
Student ID |
1801050049
|
Dosen Pembimbing |
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 1
KADEK AYU ASTITI - 198809282014042002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Marsi D.S. Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Penguji 1 Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 KAP A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |